Ereveld Menteng Pulo 1

aroengbinang.com - Membalikkan badan lagi, terlihatlah sebuah lorong tinggi Ereveld Menteng Pulo yang dirambati tumbuhan, tampaknya dimaksudkan sebagai peneduh bagi peziarah di kompleks kubur yang panjang dan lebarnya tak kurang dari 250 m, meskipun hanya sekitar separuhnya yang digunakan sebagai makam, tepatnya sekitar 29.000 m². Sisanya adalah rumah penduduk, dan ada sebuah gereja di dalam kompleks makam bernama Gereja Simultan.

ereveld menteng pulo jakarta

Sebuah tengara berbunyi “Ter nagedachtenis aan hen Wier moed en standvastigheid Zegevierden over de dood” yang berarti “Mengenang mereka yang keberanian dan ketabahan menang atas kematian.”

ter nagedachtenis aan hen wier ereveld menteng pulo jakarta

Tengara di tengah bertuliskan “Opdat zij met eere moge rusten”, yang berarti Bahwa mereka dapat beristirahat dengan kehormatan, dan tengara di sebelah kanan bertuliskan “Ter nagedachtenis aan de oorlogsslachtoffers omgekomen in zui oost-azie” atau Untuk mengenang para korban perang tewas di Asia Timur.

opdat zij met eere moge rusten ereveld menteng pulo jakarta

Beberapa teman bergaya untuk dokumentasi. Area kubur di Ereveld Menteng Pulo ini ditata dengan sangat rapi, dan rumputnya terawat cukup baik, meski di sini sana ada yang mulai memerah. Bangunan Gereja Simultan terlihat di sebelah kiri.

gereja simultan ereveld menteng pulo jakarta

Ereveld Menteng Pulo dengan latar belakang crane yang digunakan untuk membuat gedung jangkung. Mereka yang beristirahat di Ereveld Menteng Pulo mungkin bisa beristirahat dengan tenang, lantaran sejauh ini tak perlu takut tergusur oleh mal dan gedung jangkung. Kubur mestinya menjadi tempat peristirahatan terakhir, namun kemestian itu sering tak berlaku.

ereveld menteng pulo jakarta