Foto Basuki Abdullah

Pameran di Galeri Nasional Indonesia Jakarta itu merupakan pameran tunggal Basuki Abdullah. Penerima tamu mengatakan bahwa ruangan gedung ini semalam dijejali oleh para pengunjung yang begitu bersemangat untuk melihat pameran, mengagumi hasil karya pelukis hebat ini, dan banyak diantara mereka masih berada di tempat sampai jam 11 malam.



Lukisan yang sangat hidup berjudul "Pertarungan Hidup" merupakan salah satu karya indah Basuki Abdullah yang dipajang di dalam ruangan Galeri Nasional Indonesia. Warna merah mendominasi lukisan yang menggambarkan sekelompok binatang penghuni hutan tengah berlarian lintang pukang menghindari bahaya yang tampaknya seperti letusan gunung berapi atau kebakaran hutan.



Lukisan Basuki Abdullah yang berjudul Perkelahian dengan Harimau, cat minyak pada sebidang kanvas yang berukuran 320 x 210 cm.



Lukisan Basuki Abdullah berjudul Buruh, cat minyak pada kanvas 80 x 120 cm, memperlihatkan gurat perjuangan hidup yang keras dari seorang bapak tua.



Karya Basuki Abdullah berjudul 10 (Sepuluh) Pemimpin GNB, cat minyak di atas kanvas berukuran 265x250 cm. Gerakan Non-Blok bermula dari KTT Asia-Afrika di Bandung pada 1955.



Sepucuk bedil yang membunuh Basuki Abdullah. Tukang kebunnya sendiri yang menarik picu senapan dalam perampokan di rumahnya pada di bulan November tahun 1993.



Karya Basuki Abdullah "Kakak dan Adik" yang dilukis tahun 1978. Ekspresi mereka tergambar sangat jelas pada lukisan ini. Sebuah situasi yang bisa dikatakan akan sangat sulit ditemui di kehidupan keluarga muda yang tinggal di kota-kota di Indonesia saat ini.



Lukisan Mohammad Hatta karya Basuki Abdullah yang dipamerkan di Galeri Nasional Indonesia, di Jakarta. Lukisan yang menurut saya mampu menggambarkan secara sempurna ekspresi si pemilik wajah.



Lukisan berjudul "Ir. Soekarno" ini dibuat oleh Basuki Abdullah pada 1962 menggunakan cat minyak pada kanvas berukuran 48cm X 58cm.



Lukisan Hamengku Buwono IX karya Basuki Abdullah yang dipamerkan di Gedung Galeri Nasional Indonesia.



Lukisan karya Basuki Abdullah berjudul "Nude" yang dipamerkan di Galeri Nasional Indonesia, di Jl. Medan Merdeka Timur Jakarta.



Seorang wanita tengah memeluk seekor singa yang merupakan lukisan karya Basuki Abdullah yang dipamerkan di Galeri Nasional Indonesia.



Lukisan berjudul "Jaka Tarub" karya Basuki Abdullah dengan menggunakan cat minyak pada kanvas berukuran 170cm x 255cm.



Film dokumenter tentang kehidupan dan proses kreatif yang dilakukan oleh Basuki Abdullah juga bisa disaksikan oleh pengunjung pada pameran yang berlangsung di Galeri Nasional Indonesia itu.



Lukisan ekspresif potret diri Basuki Abdullah yang dipamerkan di Gedung Galeri Nasional Indonesia.



Gedung Galeri Nasional Indonesia, tempat pameran karya Basuki Abdullah berlangsung, menyimpan, menghimpun dan memamerkan berbagai bentuk karya seni rupa, serta memiliki sekitar 1785 koleksi karya seniman Indonesia dan manca negara.



©2021 Ikuti

Traktir aku secangkir kopi, atau bacakan doa buat mereka yang membuat hidup lebih baik.