Kelenteng Boen Hay Bio 7

Pandangan samping pada ruang dan altar utama Kelenteng Boen Hay Bio yang memperlihatkan dua lampion tegak berbentuk drum terbalik, sepang pilar naga, kaca patri burung hong berebut mustika dengan naga, serta bedug di ujung ruangan.

kelenteng boen hay bio tangerang

Di bagian depan Kelenteng Boen Hay Bio terdapat deretan lampion lambang keberuntungan, serta dua buah Kim Lo, menara pembakar kertas sembahyang bersusun lima di bagian kiri dan kanan depan bangunan. Sebuah hiolo untuk sembahyang Dewa Langit diletakkan diantara kedua menara.

kelenteng boen hay bio tangerang

Arca sepasang singa penjaga (Cioksay) juga ada di halaman depan kelenteng Boen Hay Bio. Singa jantan di sebelah kanan bermain bola, dan singa betina di sebelah kiri bermain dengan anaknya.

kelenteng boen hay bio tangerang

Di atas meja tergeletak peralatan bebunyian berusia tua yang digunakan sebagai perlengkapan upacara sembahyang di Kelenteng.

kelenteng boen hay bio tangerang

Saat saya menunggu hujan reda di teras kelenteng, seorang petugas Kelenteng Boen Hay Bio duduk di atas sebuah kursi dan memainkan kencreng terbuat dari kuningan dengan irama ritmis. Tambur besar yang berada di depan pria itu kabarnya telah berusia cukup tua. Perayaan ulang tahun kelenteng dilakukan setiap tanggal 24 bulan enam (Lak Gwee) dalam Kalender Tionghoa.

kelenteng boen hay bio tangerang

Pandangan depan dilihat dari halaman dalam Kelenteng Boen Hay Bio, memperlihatkan sepasang Cioksay (singa penjaga), hiolo Thian (Dewa Langit) di tengah, sepasang Kim Lo (menara tempat pembakaran uang kertas sembahyang), dan arca sepasang naga di atas wuwungan.

kelenteng boen hay bio tangerang

Kelenteng Boen Hay Bio yang dibangun pada 1694 ini melambangkan samudera tanpa batas, sedangkan Kelenteng Boen Tek Bio di Pasar Lama Kota Tangerang yang dibangun pada 1684 melambangkan kebajikan setinggi gunung sedalam lautan, dan Kelenteng Boen San Bio di kawasan Pasar Baru Tangerang yang berdiri tahun 1689 melambangkan gunung. Berikutnya »

kelenteng boen hay bio tangerang

« Sebelumnya | kembali ke tulisan

Author : . Updated :
Lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Pejalan musiman yang senang tempat bersejarah dan panorama elok.

Kirim ke: Facebook, Twitter, WhatsApp, Email. Subscribe. .

Versi Mobile | Kembali ke atas