Foto Kelenteng Bahtera Bhakti 6

Sebuah altar yang diletakkan agak masuk ke dalam diterangi dengan lampu listrik merah dadu bertutup kelambu merah. Sejumlah hio yang masih menyala tampak tertancap pada hiolo di depan altar pertanda baru ada orang sembahyang di sini.

kelenteng bahtera bhakti ancol

Seorang wanita tengah berdoa di depan altar Sam Po Soei Soe dengan memegang setumpuk uang kertas sembahyang yang akan dibakar di dalam Kim Lo setelah selesai sembahyang. Semakin banyak uang kertas yang dibakar semakin banyak amalan yang dikirim ke leluhur.

kelenteng bahtera bhakti ancol

Selain rupang Iboe Sitiwati dan Sam Po Soei Soe ada rupang lebih kecil berkalung bunga berpakaian kebesaran khas Tionghoa yang diletakkan diantara kedua rupang dalam posisi duduk terbuat dari tembaga. Agak ke kiri bawah ada lagi rupang yang lain dengan pakaian warna-warni.

kelenteng bahtera bhakti ancol

Sebuah jam dinding dengan ornamen bebungaan bertulis "Pour l'amour de moi" atau "Untuk kepentingan saya". Jarum jamnya sendiri dan angka-angkanya sudah lenyap entah kemana.

kelenteng bahtera bhakti ancol

Makam Sam Po Soei Soe dan Iboe Sitiwati yang berada tepat di bawah altarnya. Tampaknya hanya ada satu makam di sana, entah mereka dikubur dalam satu makam atau berdampingan di sebelahnya. Bunga mawar merah dan putih serta bunga kantil tampak tertebar di atas makamnya.

kelenteng bahtera bhakti ancol

©2020 aroengBinang