Foto Kelenteng Bahtera Bhakti 4

aroengbinang.com - Altar Dewi Kwan Im dengan relief berukuran besar pada dinding yang duduk di atas lotus. DI bawahnya ada rupang yang berukuran lebih kecil yang diapit beberapa rupang lainnya. Di bawah terdapat tulisan "Na Mo Ta Pei Kwan She Im Po Sat, Semoga Semua Mahluk Berbahagia".

kelenteng bahtera bhakti ancol

Seorang wanita tengah berdoa dengan wajah tengadah menatap Dewi Welas Asih di atas sana. Di bawah ada tulisan "Lahan batin manusia bagaikan sepetak sawah. Bila tidak ditanami dengan bibit yang baik, tidak akan menuai hasil yang baik". Lalu di bawahnya ada tulisan "Memohon maaf bukan menjadi hina, memberi maaf bukan menjadi bangga, saling memaafkan menjadi mulia".

kelenteng bahtera bhakti ancol

Relief Kwan She Im Po Sat itu memegang botol berwarna keemasan berisi air suci (amrta) di tangan kiri dan tangan kanan memegang Dahan Yang Liu yang digunakan untuk memercikkan air suci yang dapat mensucikan dan menyembuhkan.

kelenteng bahtera bhakti ancol

Seorang pria berkaos merah tengah bersembahyang sambil berlutut, sementara yang berkaos biru baru bersiap untuk berdoa. Di bawah kanan ada tulisan lagi yang berbunyi "Seorang yang kaya menghias rumahnya dengan indah, seorang yang berkebajikan memperindah dirinya dengan cinta kasih", serta "Harumnya kebajikan dapat mengalahkan harumnya kayu cendana, bunga melati, bunga teratai, bunga tagara".

kelenteng bahtera bhakti ancol

Sebuah kolam kecil berbentuk bundar terlihat ada di halaman belakang Kelenteng, ditumbuhi keladi serta ada patung pria berjanggut putih panjang tengah tersenyum bahagia dengan seekor ikan besar berwarna keemasan di pangkuannya.

kelenteng bahtera bhakti ancol