Foto Kelenteng Bahtera Bhakti 2

Pandangan dekat pada lubang pada pembakaran kertas sembahyang dengan bara api yang masih menyala merah terang, serta asap putih mengepul dari sisa bakaran kertas.

kelenteng bahtera bhakti ancol

Seorang pria tengah membakar hio dengan api lilin. Setelah hio menyala, apa pada hio tidak boleh ditiup dengan mulut, namun mematikannya harus dengan dikibas-kibaskan sampai apinya mati. Altar ini adalah Altar Delapan Dewa dengan patung-patung kecil para dewa terlihat berada di dalamnya.

kelenteng bahtera bhakti ancol

Lorong yang menghubungan dua altar di bagian depan dengan bangunan utama Kelenteng Bahtera Bhakti. Dua orang petugas tampak tengah duduk beristirahat di sebelah lilin-lilin berukuran raksasa yang harganya mencapai puluh jutaan. Kelenteng ini tampak kotor karena tengah dilakukan perbaikan.

kelenteng bahtera bhakti ancol

Altar pemujaan Coi Sua Ti Cu, Dewa Pembuka Langit, yang berada di depan bangunan utama Kelenteng Bahtera Bhakti Ancol dengan patung harimau putih di bagian bawah.

kelenteng bahtera bhakti ancol

Sebuah bangunan yang tampak masih baru berisi patung Buddha Empat Muka atau Dewa Empat Wajah, seperti yang ada di Kenjeran Surabaya, namun dengan ukuran yang jauh lebih kecil.

kelenteng bahtera bhakti ancol

©2020 aroengBinang