Foto Kelenteng Bahtera Bhakti 1

aroengbinang.com - Di bagian belakang gedung utama Kelenteng Bahtera Bhakti Ancol ada mural kisah perjalanan Biksu Tong Sam Cong ke Barat yang murid-muridnya. Sejumlah binatang yang mewakili kedua belas shio terlihat pada relief lukisan ini.

kelenteng bahtera bhakti ancol

Patung Ibu Sitiwati dan Sam Po Soei Soe di Kelenteng Bahtera Bhakti Ancol. Sam Po Soei Soe adalah juru mudi Laksamana Cheng Ho yang turun untuk melihat pertunjukan ronggeng dan terpesona dengan penari bernama Sitiwati hingga tertinggal kapal yang telah berlayar.

kelenteng bahtera bhakti ancol

Punya sayap tetapi tidak bisa terbang. Begitulah nasib burung-burung yang malang di lorong masuk Kelenteng Bahtera Bhakti ini. Mereka berdesak-desakan di kandang yang bau dan sempit menunggu nasib, yang entah lebih baik entah lebih buruk.

kelenteng bahtera bhakti ancol

Berkandang-kandang burung itu dijejer dan bertumpuk-tumpuk, sementara penunggu lapaknya tiduran di atas bangku buluk. Saya kira pengurus kelenteng perlu memikirkan bagaimana agar pedagang memperlakukan binatang yang mestinya hidup bebas ini dengan lebih baik.

kelenteng bahtera bhakti ancol

Kim Lo, tempat pembakaran uang kertas sembahyang, yang biasanya berbentuk pagoda dengan lubang pembakaran di dalamnya. Membakar uang kertas merupakan sebuah amalan dengan harapan agar arwah para leluhur tidak kekurangan untuk memenuhi kebutuhan mereka.

kelenteng bahtera bhakti ancol