Gereja Anglikan Jakarta

Gereja Anglikan Jakarta, yang dikenal juga dengan nama Gereja Inggris, berada di Jalan Rahman Hakim, Menteng, berdekatan dengan Tugu Pak Tani.

Pada awalnya, sekitar 1822, Gereja Anglikan merupakan sebuah kapel sederhana yang terbuat dari bambu dan merupakan gereja bagi komunitas Inggris yang ada di Batavia.

Pada 1853 dilakukan penambahan kerai matahari. Setahun kemudian dibangun gudang di ujung Selatan beranda Barat, dan pada 1863 dipasang organ. Di bagian dalam dan luar gereja terdapat beberapa nisan kubur orang-orang Inggris.

Gereja Anglikan pernah mengalami masa-masa sulit pada saat tiga dari tujuh pendeta menderita sakit (1851-1879) dan tidak bisa melayani jemaat.

Pada 1910 bahkan tidak ada pendeta sama sekali, diperparah dengan kesulitan keuangan dengan hutang mencapai lebih dari f20.000.

Kesulitan yang dialami Gereja Anglikan bisa diatasi setelah turn bantuan dari Departemen Luar Negeri di London dan pada 1910 Gereja Anglikan dimasukannya ke dalam otoritas Diosis Anglikan Singapura hingga saat ini.

Gereja Anglikan Jakarta

Alamat : Jalan Rahman Hakim, Menteng, Jakarta Pusat.
Lokasi GPS : -6.1829795, 106.8353663, Waze ( smartphone Android dan iOS ).
Rujukan : Hotel di Jakarta Pusat, Hotel Melati di Jakarta Pusat, Peta Wisata Jakarta, Rute Lengkap Jalur Busway TransJakarta, Tempat Wisata di Jakarta, Tempat Wisata di Jakarta Pusat.
Share   Tweet   WhatsApp   Telegram   Email   Print!