Galeri Taman Budaya Tionghoa 8

aroengbinang.com - Patung Guan Yu (Kwan Kong) berukuran besar dan indah. Ia lahir di Sie Chou, Provinsi Shan Si tahun 160 Masehi dengan nama Kwan Yun Chang. Kwan Kong kemudian dikenal sebagai jenderal gagah yang dipuja karena sikapnya yang setia, jujur, bijaksana, dan ksatria, sehingga 16 raja dari Dinasti Song, Ming, dan Ching berturut-turut memberinya gelar pahlawan.

taman budaya tionghoa tmii jakarta

Teks yang ditulis pada bagian bawah Patung Kwan Kong, berisi riwayat singkatnya dan kenapa ia dipuja oleh banyak warga keturunan Tionghoa. Patungnya selalu ada di setiap kelenteng yang pernah saya kunjungu.

taman budaya tionghoa tmii jakarta

Pandangan lain pada patung mendiang Laksamana Muda John Lie. Ia berjasa besar pada republik semasa perang kemerdekaan dengan sedikitnya melakukan 15 kali operasi penyelundupan karet dan hasil bumi lain ke Singapura, menembus blokade Belanda, untuk dibarter dengan senjata dan barang berguna lainnya. Daerah operasinya juga mencakup Penang, Bangkok, Rangoon, Manila, dan New Delhi. Mendiang John Lie juga berjasa besar dalam operasi militer menumpas kelompok separatis Republik Maluku Selatan (RMS), Pemerintahan Revolusioner Republik Indonesia (PRRI), dan Perjuangan Rakyat Semesta (Permesta).

taman budaya tionghoa tmii jakarta

Area bermain kecil dan sebuah gazebo yang berada di dekat patung Laksamana Muda John Lie, di sayap kiri kompleks Taman Budaya Tionghoa Indonesia TMII Jakarta.

taman budaya tionghoa tmii jakarta