Foto Waduk Cirata 4

aroengbinang.com - Pandangan lebih dekat pada bangunan powerhouse Waduk Cirata yang terlihat kokoh, dengan lereng perbukitan di sebelah kirinya. Sayang saya tak sempat berkunjung ke fasilitas itu karena mungkin memerlkukan ijin khusus untuk bisa ke sana.

waduk cirata purwakarta

Seorang penduduk meluncur dengan rakitnya yang nyaris tak terlihat, meninggalkan jejak air memanjang. Tembok bendungan yang kokoh terlihat di latar belakang, dengan lereng perbukitan hijau di ujung sana. Di atas bendungan itu ada jalan yang cukup lebar dan beraspal.

waduk cirata purwakarta

Warung Abah Buyung yang menawarkan makanan khas Purwakarta yang dikenal dengan nama Sate Maranggi. Sate yang empuk dan sangat lezat ini biasanya menggunakan daging kambing atau sapi, berbumbu kecap dengan perpaduan rasa manis, asam, dan pedas. Ikan bakar yang harum dan kelapa muda yang empuk manis segar juga banyak dijajakan di sana.

waduk cirata purwakarta

Selain Abah Buyung, ada seorang ibu penjaja Sate Maranggi di tepian Waduk Cirata yang menyediakan tikar lesehan di bawah tenda sederhana. Tempat sederhana ini memberi suasana nikmat untuk menyantap Sate Maranggi, sambil melihat pemandangan Waduk Cirata yang tenang dengan panorama perbukitan hijau yang mengelilinginya.

waduk cirata purwakarta

Tengara Bendungan PLT Cirata di sudut jalan di atas bendungan. Bendungan PLTA Cirata, yang menjadi nama resmi Waduk Cirata, lokasinya berada pada ketinggian 220 mdpl dan menggunakan genangan air seluas 6.200 hektar sebagai sumber energi utama guna menggerakkan turbin PLTA Cirata yang mampu menghasilkan sekitar 1.400 juta kwh listrik pertahun.

waduk cirata purwakarta