Foto Tay Kak Sie 4

Altar pemujaan bagi Dewi Thian Siang Seng Boo yang disembahyangi orang ketika hendak berlayar menyeberangi lautan agar selamat sampai ke tujuan. Kelenteng Tay Kak Sie berada di Semarang yang dekat dengan laut, sehingga wajar ada dewa laut dipuja di sana. Lagi pula, leluhur orang Tionghoa di Semarang adalah pelarian dari Batavia ketika terjadi pembantaian besar-besaran terhadap etnis itu oleh pemerintah kolonial Belanda.

Kelenteng Tay Kak Sie Semarang

Altar Poo Seng Tay Tee yang dipuja sebagai Dewa Obat oleh karena kepandaiannya dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit di jaman kekasiaran Tiongkok dahulu kala.

Kelenteng Tay Kak Sie Semarang

Sudut pandang yang hampir sama dengan foto sebelumnya.

Kelenteng Tay Kak Sie Semarang

Pisang muda, hiolo, dan beberapa buah alat ritual. Paling kanan digunakan untuk ritual Ciam Si dalam mencari jawab untuk berbagai permasalahan kehidupan.

Kelenteng Tay Kak Sie Semarang

Altar Seng Hong Lo Ya atau Cheng Huang Ye adalah Dewa Pelindung Kota. Konon sembahyang terhadap Seng Hong Lo Ya berasal dari pemujaan terhadap Shui Yong Shen (Dewa Pengawas Saluran Air), salah satu dari 8 Dewa yang dipuja sejak jaman Kaisar Yao (2357 SM s/d 2258 SM).

Kelenteng Tay Kak Sie Semarang

©2020 aroengBinang