Foto Taman Saraswati

Paras patung Dewi Saraswati itu cantik jelita, matanya lembut hidup, senyumnya samar tipis, mahkota dan perhiasannya elok berwarna keemasan, tangan kiri pertama memegang Wina (kecapi), tangan kiri kedua memegang lontar lambang pengetahuan dan ilmu sejati, tangan kanan pertama memegang Genitri (tasbih) lambang kekuatan meditasi dan pengetahuan spiritual, dan tangan kanan kedua sepertinya tak memegang apa-apa, namun biasanya memegang Damaru (kendang kecil).

puri taman saraswati karanganyar

Petirtaan Sendang Pundi Sari ini berada di ujung sebelah kanan dari pelataran Puri Taman Saraswati, berupa kolam kecil dengan air dingin bersih sangat bening yang terasa segar ketika disapukan ke wajah, tangan dan kaki.

puri taman saraswati karanganyar

Jalan setapak yang pinggirannya ada deretan warung. Ketika saya tanya, seorang pedagang mengatakan bahwa lokasi Puri Taman Saraswati tak begitu jauh.

puri taman saraswati karanganyar

Undakan yang menanjak tajam menuju ke pelataran pertama Puri Taman Saraswati. Di sekitar trap pertama terdapat gubug sederhana yang bisa dipakai berteduh jika hujan turun.

puri taman saraswati karanganyar

Di sisi kanan adalah tempat pemujaan bagi Dewi Saraswati yang berbentuk persegi, dengan tiga meru beratap ijuk dengan kemuncak menyerupai bentuk lingga. Balutan kain yang telah dimakan cuaca terlihat di sekeliling tiang dan meru pertama.

puri taman saraswati karanganyar

Selain uang logam yang bergeletakan, di dasar sendang terdapat pula sebongkah batu tak halus berwarna kecoklatan yang konon merupakan simbol kewanitaan. Petirtaan Sendang Pundi Sari ini digunakan sebagai tempat bersuci bagi umat Hindu sebelum melakukan ritual.

puri taman saraswati karanganyar

Pelataran utama Puri Taman Saraswati yang cukup luas, diambil fotonya setelah keluar dari petirtaan Sendang Pundi Sari.

puri taman saraswati karanganyar

©2021 Ikuti

Traktir aku secangkir kopi, atau bacakan doa buat mereka yang membuat hidup lebih baik.