Foto Situs Taman Kera 1

Seekor monyet ekor panjang tampak melintas dengan cepat dari Hutan Kalijaga. Kera-kera ini hidup berkelompok di bagian utara dan selatan hutan Kalijaga yang luasnya tinggal 5 ha, dan terkadang mereka pun ribut dan terlibat tawuran jika bertemu dan berebut makanan.

monyet ekor panjang hutan kalijaga cirebon

Pintu masuk ke dalam area Petilasan Sunan Kalijaga yang digembok, dan pengunjung harus menemui kuncen jika hendak berziarah ke dalam ruangan. Namun karena saat itu tak ada keinginan untuk masuk ke dalam dan melihat isinya, saya pun tak berusaha menemui kuncen. Boleh jadi karena tubuh sudah merasa agak lelah yang menyebabkan hilangnya kelaparan akan keingintahuan.

situs taman kera dan petilasan sunan kalijaga cirebon

Jalan ditutup dengan paving block menuju ke lokasi Petilasan Sunan Kalijaga, yang berjarak kurang dari 100 meter dari tepian jalan, tempat dimana kendaraan diparkir. Di sebelah kiri adalah sebuah sungai yang memisahkan jalan dengan Hutan Kalijaga, tempat dimana hidup sekelompok kera ekor panjang.

situs taman kera dan petilasan sunan kalijaga cirebon

Hutan Kalijaga kabarnya merupakan satu-satunya wilayah konservasi hutan yang masih tersisa di Cirebon. Meskipun di hutan Kalijaga ini hidup sekitar 50 ekor monyet ekor panjang, namun tidak banyak yang keluar ke jalanan ketika kami datang. Populasi monyet ini tampaknya mulai menurun.

hutan kalijaga cirebon

Gerumbul tanaman perdu tampak lebat membatasi wilayah Hutan Kalijaga dengan wilayah permukiman. Tak terpikir untuk saya tanyakan ketika itu darimana akses masuk ke dalam hutan konservasi ini.

situs taman kera dan petilasan sunan kalijaga cirebon

©2021 Ikuti

Traktir aku secangkir kopi, atau bacakan doa buat mereka yang membuat hidup lebih baik.