Foto Situs Selo Gilang 2

Bentuk batu Selo Gilang yang menyerupai peti batu memanjang lurus dengan salah satu ujung membentuk sudut tajam, dan sisi lainnya agak melengkung. Batu ini berukuran 1,5 x 0,7 m dan tinggi 0,33 m.

Situs Selo Gilang Bantul

Bidang permukaan di bagian atas dan samping Selo Gilang ini tampak mulus, tanpa ada torehan atau tulisan tangan jahil sebagaimana yang terlihat pada Situs Watu Gilang di Kotagede. Mungkin karena tempatnya relatif terpencil sehingga bisa selamat tanpa terusik.

Situs Selo Gilang Bantul

Tidak terlihat ada ornamen atau ukiran pada permukaan Selo Gilang, hanya saja di dekat salah satu sisi di permukaan batu terdapat lekukan kotak menyudut tajam memanjang yang sangat rapi, menyerupai sebuah parit.

Situs Selo Gilang Bantul

Tampak sudut Selo Gilang dengan keempat tiangnya yang dicat hijau untuk menyangga kelambu penutup. Yang bagian bawah tampaknya memang hanya dudukan yang dibuat kemudian, sedangkan batu aslinya yang ada di bagian atas.

Situs Selo Gilang Bantul

Bagian pojok Selo Gilang ini tampak sedikit rompal, namun tak jelas apa yang menjadi penyebabnya. Semoga bukan karena sengaja dipecah untuk menjadi jimat. Lain dari itu kondisi batu ini masih cukup baik mengingat tak sedikit orang yang telah mengunjunginya.

Situs Selo Gilang Bantul

©2021 Ikuti

Traktir aku secangkir kopi, atau bacakan doa buat mereka yang membuat hidup lebih baik.