Foto Situ Wanayasa 2

aroengbinang.com - Di ujung kanan Situ Wanayasa terdapat sebuah pintu air yang tampaknya masih berfungsi dengan baik. Dari bawah cungkup yang melindungi pintu air dari hujan dan panas ini bisa dilihat bangunan besar yang bentuknya menyerupai pendopo terbuka di ujung sebelah sana situ. Di depan bangunan itu terdapat undakan lebar yang menuju ke tepian danau.

situ wanayasa purwakarta

Pemandangan dari sisi kanan Situ Wanayasa yang memperlihatkan sisi kiri situ dengan patung wayangnya dan dinding situ yang rapi, serta ujung sebelah sana situ dengan pendopo besar dan bangunan di sebelahnya yang lebih kecil. Pepohonan di belakang bangunan itu terlihat rimbun.

situ wanayasa purwakarta

Di sebelah sana rupanya ada sekitar enam orang yang berdiri di depan pendopo di puncak undakan yang tengah menikmati pemandangan ke arah situ. Ada pula seorang pria memotret dengan kameranya di undakan dekat air, sementara sejumlah orang lainnya duduk-duduk pada tembok rendah di pinggir situ sambil mengobrol.

situ wanayasa purwakarta

Dari jauh orang-orang ini seperti sedang menjaring ikan, namun ketika sudah dekat, rupanya mereka tengah mengambil air menggunakan ember yang ditarik dengan tali, untuk menyiram tanaman di tepian danau. Beberapa perahu wisata tampak diparkir di tepi pulau.

situ wanayasa purwakarta

Jika patung ini adalah salah satu tokoh pewayangan, maka kemungkinannya memang adalah Arjuna, meski pun saya tidak menemukan jenis anak panah yang dimiliki Arjuna dengan ujung seperti leher ular mematuk. Panah Arjuna yang terkenal itu bernama Pasopati, yang merupakan panah pemberian dari Sang Hyang Siwa.

situ wanayasa purwakarta

Jalan pedestrian di tepian Situ Wanayasa yang sangat rapi. Salut untuk pemimpin daerah Purwakarta yang membangun lingkungan Situ Wanasaya menjadi tempat yang nyaman dan indah dilihat. Semoga saja tidak melupakan anggaran perawatan dan perbaikan berkala, untuk menjaganya agar tetap indah.

situ wanayasa purwakarta

Jika saja saya tahu bahwa di pulau ini terdapat makam RA Suriawinata, pasti saya akan berjalan menuju jembatan penyeberangan ke pulau untuk melihat makamnya. Selain itu memang ada keterbatasan untuk tidak berlama-lama di sini agar terhindar dari kemacetan jalan saat di tol Cikampek - Jakarta nanti.

situ wanayasa purwakarta

Situ Wanayasa merupakan tempat pemberhentian yang sangat strategis, karena berada di tepi jalan pada jalur wisata Purwakarta – Subang – Bandung, sehingga merupakan kebijakan sangat tepat jika terus diperbaiki dan ditingkatkan fasilitas wisata dan kulinernya.

situ wanayasa purwakarta