Foto Situ Wanayasa 1

aroengbinang.com - Pulau di tepian Situ Wanayasa itu, yang dihubungkan dengan sebuah jembatan dengan daratan di tepian danau. Di pulau ini terdapat makam RA Suriawinata, wafat pada 1827, salah seorang pendiri Kota Purwakarta yang juga merupakan Bupati Karawang ke-9. Air danau yang tenang menjadi cermin yang sempurna bagi pulau itu.

situ wanayasa purwakarta

Tidak ada keterangan, atau prasasti, yang menjelaskan mengenai makna keberadaan patung di tepi Situ Wanayasa ini. Mudah-mudahan ketika anda mampir ke Situ Wanayasa, di bawah patung ini sudah ada tulisan yang menjelaskan mengenai keberadaan patung, serta sejarah singkat tentang Situ Wanayasa.

situ wanayasa purwakarta

Pulau kecil dengan pepohonan yang cukup rimbun. Saat itu genangan air di dalam Situ Wanayasa tampak tidak terlalu tinggi, mungkin karena hujan sudah jarang jatuh. Dari arah pulau, atau dari seberang danau, tampaknya pengunjung bisa melihat panorama Gunung Burangrang jika saja cuaca sedang cerah dan tidak langit berawan.

situ wanayasa purwakarta

Deretan perahu angsa yang masih berada di kandangnya, dan dermaga bambu sederhana di dekatnya. Mungkin pada pagi atau sore di akhir pekan bebek-bebek itu ramai disewa pelancong atau orang-orang sekitaran.

situ wanayasa purwakarta

Dari arah belakang patung tokoh pewayangan itu juga terlihat indah, dengan kain poleng melilit di pinggangnya serta celana sebatas bawah lutut dengan ornamen pada ujungnya. Alas kaki yang digunakannya juga pas dengan dandanan pejalan atau pemburu. Meskipun bukan satu-satunya, namun pemanah handal dalam kisah pewayangan adalah Arjuna.

situ wanayasa purwakarta