Foto Sin Tek Bio 6

aroengbinang.com - Pengaruh Raden Suria Kencana yang dipercayai sebagai karuhun orang Sunda juga terasa di Kelenteng Sin Tek Bio, dengan adanya sebuah altar yang diperuntukkan khusus baginya. Boleh jadi karena jaman dahulu, sebelum ditaklukkan oleh Fatahillah, Jakarta adalah merupakan bagian Kerajaan Pajajaran.

kelenteng sin tek bio pasar baru jakarta

Deretan lampion merah di bagian atas, dan lampu-lampu minyak yang ditata rapi di bagian depan, serta sejumlah lilin besar, membuat altar Dewa Bumi ini merupakan altar yang ramai. Bisa dimaklumi karena rizki dan kelancaran usaha menjadi otoritas dewa ini. Dan jangan harap doa akan terkabul jika sebelumnya tidak terlebih dahulu memberi amal dan berbuat kebajikan.

kelenteng sin tek bio pasar baru jakarta

Hiolo tua yang ada di sebuah altar dengan tulisan Giok Hong Siang Tee, dan tulisan Sin Tek Bio di bawahnya. Kaisar Giok merupakan penguasa surga, neraka, dan seluruh alam, termasuk alam manusia.

kelenteng sin tek bio pasar baru jakarta

Bagian bawah dari hiolo tua itu, yang memperlihatkan tulisan "Anno 1698 Batavia". Hiolo biasanya berisi abu dan digunakan sebagai tempat untuk menancapkan hio persembahan. Memegang hio ternyata ada adabnya, yaitu harus khidmat dan bara apinya harussejajar dengan titik tengah di antara kedua alis mata.

kelenteng sin tek bio pasar baru jakarta

Keempat teman saat berada di halaman depan Kelenteng Sin Tek Bio, yang kesemuanya bergaya beda, meski tanpa arahan. Di ujung sana adalah Kimlo tempat membakar kertas uang persembahan. Arca sepasang singa penjaga juga ada di halaman depan ini.

kelenteng sin tek bio pasar baru jakarta