Foto Setu Babakan 3

Jala sudah mengembang di udara dan rakit hanya bergoyang sedikit, menandai pelemparnya cukup mahir. Meskipun kabarnya ada lebih dari 100 jala gantung yang dipasang penduduk untuk menangkap ikan di Situ Babakan ini, namun tak satu pun yang terlihat oleh mata saat itu.

setu babakan jakarta selatan

Jala telah mengembang dengan sempurna dan hampir jatuh ke permukaan danau. Berikutnya adalah soal keberuntungan dan ketajaman rasa. Memancing juga banyak dilakukan warga di Setu Babakan, gratis. Jika beruntung orang bisa cepat mendapatkan Ikan Mujair sebesar telapak tangan. Namun jika sedang sial ya bisa duduk mencangkung berjam-jam memelototi air tanpa mendapatkan ikan satu ekorpun.

setu babakan jakarta selatan

Bir Pletok itu, dijual dalam botol, serta Kerak Telor yang telah sempat dicongkel sebagian. Warna merah pada bir pletok berasal dari kayu secang. Rasa Bir Pletok ini sangat khas, dan saya suka. Beda dengan Bandrek Bandung yang pedas, dan beda pula dengan Wedang Uwuh di Terminal Wisata Imogiri yang rasanya agak aneh di mulut saya.

setu babakan jakarta selatan

Makanan khas Betawi lainnya yang kami santap di sore hari itu dan membuat perut menjadi terasa kenyang. Namanya toge goreng. Lumayan enak juga.

setu babakan jakarta selatan

Cukup banyak sepeda air yang sedang digunakan oleh pengunjung. Meskipun tak terlihat ada larangan berenang, namun jangan coba-coba berenang di Situ Babakan. Sepanjang tahun 2009 sebanyak 11 orang tewas tenggelam di danau berkedalaman 1-5 meter yang airnya berasal dari Kali Ciliwung ini. Sebagian terseret arus ketika pintu air dibuka, dan sebagian lagi tenggelam karena kurang bisa berenang. Sukurlah tak ada berita orang tenggelam lagi sesudahnya. Klik foto ke halaman berikutnya »

setu babakan jakarta selatan

©2020 aroengBinang