Foto Sampo Tay Jin 2

aroengbinang.com - Pada dinding tembok depan terdapat sebuah tengara yang menunjukkan bahwa bangunan Kelenteng Kongco Sampo Tayjin ini direnovasi oleh anak dari mendiang Kongco Ang Tjoan pada 3 September 2007, yang adalah si ibu yang saya temui itu.

kelenteng sam po tayjin tangerang

Pintu kelenteng dihias dengan lukisan panglima perang berpakaian lengkap yang tampak sangat gagah dengan detail sapuan garis yang bagus dan komposisi warna yang indah. Ada pula lukisan seorang panglima perang pada sisi pintu yang lain.

kelenteng sam po tayjin tangerang

Hiolo Thian (Dewa Langit) berkaki tiga di serambi kelenteng berornamen sepasang naga dan berukir raksasa pada badannya. Di belakangnya terdapat ornamen burung Hong serta naga, dan di belakangnya lagi ada tulisan "Kongco Sam Po Tayjin" pada dinding.

kelenteng sam po tayjin tangerang

Hiolo Thian dilihat dari arah belakang, memperlihatkan ornamen naga pada badan hiolo. Lewat pagar laba-laba di sebelah kanan, terlihat ada sebuah warung kopi serta jajanan kecil.

kelenteng sam po tayjin tangerang

Di bagian atas tampaknya adalah lukisan Delapan Dewa, yaitu He Xiangu, Han Xiang Zi, Lan Caihe, Li Tieguai, Lü Dongbin, Zhongli Quan, Cao Guojiu dan Zhang Guo Lao. Mereka adalah lambang keberuntungan masyarakat Tionghoa, yang masing-masing mewakili delapan kondisi kehidupan, yaitu muda, tua, miskin, kaya, rakyat jelata, ningrat, pria dan wanita.

kelenteng sam po tayjin tangerang

Sejumlah ornamen membuat kelenteng ini tampak elok dan menonjol. Di puncak wuwungan terdapat hiasan sepasang naga hijau berebut mustika. Di bawahnya terdapat hiasan sepasang burung Hong, dan di atas gapura ada hiasan sepasang ikan berwarna keemasan.

kelenteng sam po tayjin tangerang