Foto Rumah Kelahiran Bung Hatta 1

Ruangan di lantai dua, dimana terdapat kamar Pak Gaek, kakek Bung Hatta, dan kamar dimana Bung Hatta dilahirkan, serta meja makan keluarga. Lukisan foto bung Hatta tampak menempel pada dinding ruangan.

rumah kelahiran bung hatta bukittinggi

Papan nama Rumah Kelahiran Bung Hatta di pinggir jalan Soekarno-Hatta yang berukuran cukup besar dan mudah dikenali oleh pejalan yang lewat. Papan penanda nama inilah yang tertangkap oleh mata, membuat kami berhenti, dan lalu masuk ke dalam rumah.

rumah kelahiran bung hatta bukittinggi

Tampak muka Rumah Kelahiran Bung Hatta dengan nama tempat yang diukir pada tembok beton. Meskipun tulisannya cukup besar namun sayang letaknya agak tersembunyi, dan sulit dibaca oleh orang yang berada dalam kendaraan yang tengah melaju di jalan. Bung Hatta tinggal di rumah kelahirannya ini dari tahun 1902-1913, bersama ibu, kakek, nenek dan pamannya.

rumah kelahiran bung hatta bukittinggi

Lambang Negara Garuda Pancasila di sebelah kanan, foto dokumentasi Bung Hatta yang mengenakan pakaian resmi lengkap dengan kopiahnya, serta sebuah dokumentasi foto lainnya yang ditempel pada dinding Rumah Kelahiran Bung Hatta. Jam menunjukkan hari masih pagi saat itu.

rumah kelahiran bung hatta bukittinggi

Dokumentasi foto ketika Bung Hatta hadir pada peresmian Lembaga Ilmu Pengetahuan Alam "Setia Mulia" pada bulan September 1955. Tak jelas siapa yang berada di sisi sebelah kanan Bung Hatta, yang sepertinya berwajah Eropa, serta orang yang satunya lagi.

rumah kelahiran bung hatta bukittinggi

©2020 aroengBinang