Foto Purbakala Cipari 1

aroengbinang.com - Galeri Foto Taman Purbakala CipariMenhir di puncak tatanan batu di ujung sana merupakan salah satu titik tertinggi yang ada di area Taman Purbakala Cipari Kuningan. Ada undakan untuk naik ke atas tatanan batu. Di latar depan adalah lingkaran dengan tatanan batu di pinggirannya dengan batu dakon di tengahnya, dahulu digunakan sebagai tempat pemujaan dan pertemuan dan disebut Batu Temu Gelang.

taman purbakala cipari kuningan

Susunan batu tipis berdiri tegak melingkar terlihat di latar belakang, serta di latar depan adalah area berbentuk lingkaran dengan batu dakon di tengah-tengahnya. Susunan batu berbentuk lingkaran itu disebut sebagai Batu Temu Gelang, yang diduga merupakan tempat upacara untuk menghormati arwah nenek moyang, serta tempat musyawarah warga.

taman purbakala cipari kuningan

Gerbang masuk ke situs dibuat dari susunan batu tipis yang ditata rapi. Tugu tanpa tulisan tampak diletakkan di tengah gerbang, dikelilingi susunan batu kuno dalam posisi tegak serta batu menhir di kiri kanan gerbang. Sesuai namanya, Jaman Batu Besar, maka kehidupan masa itu berputar sekitar budaya batu.

taman purbakala cipari kuningan

Halaman depan Situs Purbakala Cipari dengan undakan menuju ke gerbang masuk ke dalam area situs, dan di latar belakang terdapat tengara di kiri dan kanan yang berbunyi sama. Jauh di ujung lagi terdapat sebuah saung yang lumayan besar.

taman purbakala cipari kuningan

Sebuah tugu tanpa tulisan tampak diletakkan di tengah-tengah dinding depan agak ke bawah, dikelilingi susunan batu kuno dalam posisi tegak serta batu menhir di kiri kanan gerbang. Di atas dinding ada batu lagi serupa menhir.

taman purbakala cipari kuningan