Foto Pura Taman Sari 3

Naga Basuki membelit Mandaragiri, para Dewa memegang ekornya, dan para raksasa memegang kepalanya. Kserasagara bergolak dahsyat dengan suara bergemuruh. Racun Halahala yang membunuh segala rupa makhluk hidup menyebar saat laut diaduk, namun semuanya diminum Dewa Siwa sehingga lehernya menjadi biru.

pura taman sari klungkung

Kolam di Pura Taman Sari yang menjadi lambang laut tempat Tirta Amrta berada. Ketika laut diaduk bermunculan Sura (dewi pencipta minuman anggur), Apsara (para bidadari kahyangan), Kostuba (permata paling berharga di dunia), Uccaihsrawa (kuda para Dewa), Kalpawreksa (pohon pengabul keinginan), Kamadhenu (sapi pertama), Airawata (kendaraan Dewa Indra), dan Laksmi (Dewi keberuntungan dan kemakmuran), yang semuanya menjadi milik para dewa.

pura taman sari klungkung

Setelah air laut diaduk terus oleh para dewa dan raksasa, akhirnya Dhanwantari keluar dari dalam laut membawa kendi berisi tirta amerta yang diambil para raksasa, karena para dewa telah mendapatkan semua harta karun. Namun para raksasa terpikat Mohini, wanita cantik jelmaan Wisnu, dan menyerahkan tirta amrta kepadanya. Ketika sadar kena tipu, para raksasa marah dan terjadilah pertempuran hebat. Dewa Wisnu akhirnya mengeluarkan cakra yang terbang menyerang membuat para raksasa lari lintang pukang.

pura taman sari klungkung

©2020 aroengBinang