Foto Pura Mangkunegaran 1

Huruf MN Lambang Mangkunegaran yang diapit sepasang cupid dengan hiasan dan karakter yang bergaya sangat Eropa, dibalut warna keemasan. Ornamen ini ada pada bagian depan atap Pendopo Agung.

Pura Mangkunegaran Solo

Pendopo Agung Mangkunegaran yang disangga empat saka guru yang dibuat dari satu batang pohon, dan tiang-tiang pendukung. Pemandu meminta kami mencoba memeluk saka guru, yang jika kedua tangan bisa bertemu maka keinginan akan terkabul. Mungkin hanya Kapten Mlaar yang bisa.

Pura Mangkunegaran Solo

Tempat lilin buatan Belanda dengan ornamen rumit namun cantik yang menghias Pendopo Agung Mangkunegaran. Fungsi lilin kini telah diganti dengan bohlam. Kurang romantis memang.

Pura Mangkunegaran Solo

Pada lukisan di langit-langit Pendopo Agung Mangkunegaran ini terdapat 12 lambang bintang dalam astrologi dan delapan kotak yang bagian pusatnya memiliki warna berbeda. Warna kuning siaga, biru mencegah bencana, hitam melawan kemarahan, hijau melawan stres, putih melawan nafsu, orange melawan rasa takut, merah melawan kejahatan, dan ungu melawan pikiran jahat.

Pura Mangkunegaran Solo

Patung Pria Tionghoa tinggi berwarna keemasan di pringgitan Mangkunegaran yang detailnya dikerjakan dengan sangat baik dan dengan ekspresi wajah sangat hidup tengah memanggul bokor di pundaknya.

Pura Mangkunegaran Solo

©2020 aroengBinang