Foto Pura Kilisuci 6

Penampakan Arca Dwarapala pada pintu samping Kori Agung yang dibuat dalam posisi duduk dengan kaki melipat, tidak sebagaimana yang ada di depan pintu utama yang posisinya berdiri. Meskipun mungkin dibuat oleh orang yang sama, namun arca Dwarapala di depan pintu utama terlihat lebih halus pengerjaannya dan lebih teliti.

pura penataran agung kilisuci selomangleng kediri

Kori Agung dengan pintu-pintu berukir indah dengan dominan warna prada atau keemasan. Dua naga putih bermahkota serta dua arca Dwarapala dengan gada ditangan menjadi penunggu gapura utama Kori Agung Pura Penataran Agung Kilisuci. Di masing-masing pintu tambahan juga terdapat sepasang arca Dwarapala, dengan bentuk arca dan posisi kaki yang berbeda dengan yang ada di depan pintu utama.

pura penataran agung kilisuci selomangleng kediri

Salah satu dari empat arca berukuran kecil yang berada di keempat titik sudut bawah arca Dewi Kilisuci. Arca ini mengingatkan saya pada bentuk wajah dan tubuh Batara Narada penasehat Batara Guru, dan mungkin dimaksudkan sebagai representasi Mpu Bharada, penasehat spiritual Airlangga, Raja Kahuripan.

pura penataran agung kilisuci selomangleng kediri

©2020 aroengBinang