Foto Pura Kilisuci 5

Pandangan dekat pada Arca Dwarapala yang menjaga di pintu utama Kori Agung, memperlihatkan pengerjaannya yang sangat halus dan teliti. Jelas patung ini dibuat oleh orang yang sangat berpengalaman dan ahli di bidangnya. Ketrampilan dan rasa seni bercitarasa tinggi seperti ini harus dijaga dan dilestarikan, karena ini kekayaan bangsa.

pura penataran agung kilisuci selomangleng kediri

Ukiran sepasang gajah bertaring raksasa pada pintu utama Kori Agung ini sama dengan yang ada di pintu samping. Hanya saja di pintu utama ini terdapat ukiran seorang putri dan pangeran yang berada tepat di samping pegangan pintu yang digembok. Kedua orang itu digambarkan berdiri di atas kuntum bunga matahari. Ukiran pada pintu ini juga dikerjakan dengan sangat teliti dan memikat.

pura penataran agung kilisuci selomangleng kediri

Pandangan utuh pada pintu keluar Kori Agung, yang sama bentuk dan ornamennya dengan pintu masuknya. Selain gajah bergigi dan bertaring serta binatang berkepala raksasa dan bersayapa, sedikit ke atas dari pegangan pintu terdapat ukiran sepasang burung merak cantik, yang berdiri dengan satu kaki di atas bunga matahari.

pura penataran agung kilisuci selomangleng kediri

©2020 aroengBinang