Foto Pura Kilisuci 4

Jika biasanya di atas pintu gerbang candi terdapat ukiran Kala, maka di atas pintu gerbang utama Kori Agung Pura Penataran Agung Kilisuci ini dihias dengan relief pertapa dengan tangan bersedekap di depan dada dan duduk di atas bunga teratai. Sebuah arca kecil diletakkan pada setiap tingkat di atasnya yang jumlahnya ada tiga. Setiap arca itu dibebat bagian bawahnya dengan kain putih.

pura penataran agung kilisuci selomangleng kediri

Pemandangan lebih dekat pada patung sepasang naga yang ekornya berada di sisi kiri kanan pintu utama Kori Agung, bersebelahan dengan arca Dwarapala. Badan naga ada di sepanjang bahu undakan, dan kepalanya yang tegak menghadap ke dapan berada di awal undakan. Kedua Arca Dwarapala itu posisinya berdiri, dengan satu tangan memegang gada dan tangan lainnya berada di depan dada.

pura penataran agung kilisuci selomangleng kediri

Pandangan lebih dekat pada pintu samping, dengan sepadang Arca Dwarapala yang berada pada posisi duduk dengan ujung gada diletakkan di atas lutut dan satu kaki melipat di depan. Tidak ada arca naga di pintu samping ini. Pada pintu terlihat ada ukiran sepasang gajah namun memiliki mulut bergigi besar tajam seperti raksasa. Di atasnya ada ukiran sepasang binatang berekor berkepala raksasa dan bersayap.

pura penataran agung kilisuci selomangleng kediri

©2020 aroengBinang