Foto Pura Aditya Jaya 5

aroengbinang.com - Kori Agung dilihat dari bagian dalam memperlihatkan adanya sebuah gapura kecil di belakang pintu utama yang berfungsi semacam kelir, sebuah bale di pojok sana, serta memperlihatkan Bale Wantilan di sebelah kiri yang ada di jaba tengah.

pura aditya jaya rawamangun

Pemandangan area utama mandala dengan candi utama di tengah, stana Pengelurah di sebelah kanan, dan sebuah stana lagi di sisi sebelah kiri, serta baris-baris tempat duduk bersembahyang. Arca Dewi Saraswati ada di area belakang candi.

pura aditya jaya rawamangun

Pemandangan dari depan Bale Wantilan di jaba tengah ke arah pohon beringin yang ada di jaba luar, memperlihatkan gapura candi bentar di sebelah kanan, sebuah cungkup berisi perlengkapan ritual dan kotak derma berlambang swastika, serta seorang pria yang berjalan keluar setelah selesai sembahyang di pura.

pura aditya jaya rawamangun

Pandangan dekat ke arah bagian bawah candi utama Pura Aditya Jaya dengan kepala dua ekor naga yang berdiri tegak badannya melilit candi, di tengahnya terdapat arca kepala gajah, dan di atas kepala gajah terdapat relief seorang pria dan wanita yang duduk bersisian dipisahkan sebuah bokor. Di belakang si pria ada relief pria lagi dalam posisi berdiri namun kepalanya sejajar dengan pria yang duduk, dan di sebelah kanan wanita ada seorang pria dalam posisi duduk di bawahnya. Di pojok kaki candi ada binatang berkepala raksasa berbadan singa dan bersayap yang menghadap menyudut luar.

pura aditya jaya rawamangun

Di tengah-tengah badan candi utama ada relief Kala yang dikelilingi oleh suluran dan bebungaan. Sebuah arca bermahkota di kiri kanannya dengan satu tangan di atas perut dan telapak tangannya menghadap ke arah dalam, berdiri di atas padma. Di atas relief Kala dan di kedua pojokannya terdapat lagi relief-relief Kala yang lainnya.

pura aditya jaya rawamangun