Foto Pura Aditya Jaya 2

aroengbinang.com - Di sebelah kanan gapura candi bentar ada sebuah stana yang di puncaknya terdapat cungkup dengan tiang dua tingkat dibalut kain poleng dimana di tengah-tengahnya terdapat benda silindris yang dibalut kain kota hitam putih besar. Pada dinding tembok rendah di kiri kanan candi bentar terdapat relief.

pura aditya jaya rawamangun

Pohon beringin besar rindang di sisi parkiran kendaraan yang cukup luas. Di sebelah kiri adalah gerbang masuk candi bentar yang berbatasang dg by pass dan dibuka hanya pada acara tertentu saja. Menempel pada dinding candi bentar terdapat sebuah prasasti.

pura aditya jaya rawamangun

Pandangan dekat pada ornamen di salah satu tugu candi bentar dengan detail cantik yang ada di bagian depan Pura Aditya Jaya. Warna bata dan ornamen abu-abu tua menjadi ciri khas pada bangunan seperti ini.

pura aditya jaya rawamangun

Candi dengan puncak bermahkota ini berada di belakang gerbang candi bentar yang ada di bagian dalam parkiran. Sisi depannya ada bidang miring dengan lekuk di bawahnya seperti badan ular naga. Sebuah bentuk yang unik.

pura aditya jaya rawamangun

Relief pada dinding di samping kanan gerbang candi bentar di bagian depan. Di sebelah kiri ada mahluk berwajah kera berhadapan dengan ksatria berpedang di tangan. Di tengah seorang ksatria dengan gendewa di tangan kanan, sedangkan tangan kirinya menunjuk ke arah raksasa yang dadanya ditembus panah yang dilepaskannya. Sementara paling kanan ada lagi relief orang dengan tangan kanan lurus menunjuk. Di bagian bawah ada dua mahluk tengah memandang raksasa yang terkena panah. Belum saya temukan kisah apakah yang diceritakan pada relief ini.

pura aditya jaya rawamangun