Foto Planetarium 5

aroengbinang.com - Pajangan tentang kehidupan bintang. Ada Nebula, pembentuk bintang; Protostar, massa kontraksi gas yang merupakan tahap awal pembentukan bintang; Bintang seperti Matahari; Bintang Raksasa Merah, yaitu fase ketika kehabisan Hidrogen dan mulai pembakaran Helium; Planetary Nebula, terjadi ketika bintang terlontar angin bintang yang sangat kuat, menandai akhir hidup Raksasa Merah; Dwarf Putih, bintang sangat kecil dan panasa yang merupakan sisa evolusi bintang normal; Bintang Raksasa, lebih dari 8x massa Matahari; Bintang Super Raksasa Merah, yaitu ketika mulai kehabisan Hidrogen dan membakar Helium; Supernova, bintang yang meledak, cahayanya 100 juta kali lebih terang dari Matahari; Lubang Hitam, evolusi akhir sebuah Bintang Raksasa, yang kekuatan gravitasinya bisa menjebak cahaya.

planetarium dan observatorium jakarta

Foto yang memperlihatkan perbandingan ukuran Bumi dengan sejumlah bulan yang ada di tata surya Bima Sakti.

planetarium dan observatorium jakarta

Bentuk bulan dari hari ke hari pada bulan yang berbeda-beda, selama satu tahun penuh.

planetarium dan observatorium jakarta

Pajangan di Planetarium Jakarta yang memberi penjelasan secara rinci tentang Matahari, yang merupakan bintang terdekat dengan Bumi, berjarak sekitar 150 juta km, atau 1 satuan astronomi.

planetarium dan observatorium jakarta

Penggambaran tentang tiga jenis Bintang. Di sebelah kiri adalah Bintang Katai (kate, kerdil); di tengah adalah Bintang seperti Matahari; dan di kanan adalah Bintang Raksasa. Kesemuanya digambarkan dari mulai terbentuknya Bintang hingga akhirnya mati dan sama sekali tak bersinar lagi.

planetarium dan observatorium jakarta