Foto Planetarium 4

Salah satu pajangan tentang Astronomi di ruang Diorama 1, yang sepertinya ditulis dalam bahasa Yunani. Naskah ini sepertinya bertahun 1620.

planetarium dan observatorium jakarta

Sekuens terbentuknya alam semesta mengikuti teori Big Bang, dimana pada masa kegelapan terbentuk Gelombang Mikrokosmik yang terjadi 400.000 tahun setelah Big Bang. Sekitar 400 juta tahun setelah Big Bang terbentuklah bintang pertama, dan galaksi pertama terbentuk 1 miliar tahun setelah Big Bang. Pembentukan tata surya terjadi 8,7 miliar tahun setelah Big Bang, dan masa sekarang adalah 13,7 miliar tahun setelah Big Bang.

planetarium dan observatorium jakarta

Poster yang memperlihatkan tata surya kita yang dibuat sesuai dengan ukuran relatifnya. Penggambarannya terlihat sangat menarik dan informatif.

planetarium dan observatorium jakarta

Poster yang berisi penjelasan tentang planet-planet yang berada di dalam tata surya kita. Fakta yang menarik diantaranya adalah 1 hari di Merkurius sama seperti begadang selama 176 hari di Bumi; sehari di Venus sama dengan 243 hari di Bumi; di Saturnus 1 hari hanya berlangsung 10 jam 39 menit; dan angin terkuat di tata surya di Neptunus dengan kecepatan mencapai 2.000 km per jam.

planetarium dan observatorium jakarta

Pajangan di tengah memperlihatkan sejumlah satelit yang memantau Bumi dari luar angkasa. Ada Adm Aelus sebagai pemantau atmoser dan cuaca; Swarm memantau geomagnetik dan iklim interior Bumi; Goce memetakan medan gravitasi Bumi; Smos memberi wawasan baru mengenai siklus air dan iklim; Cryosat 2 mempelajari lapisan es kutub Bumi; Earthcare menentukan karakteristik awan, mengukur radiasi Matahari, dan radiasi infra merah yang terpapar ke Bumi. Sedangkan yang di sebelah kanan adalah penggambaran tentang Stasiun Ruang Angkasa Internasional (ISS).

planetarium dan observatorium jakarta

©2020 aroengBinang