Foto Planetarium 11

Penggambaran tentang alam semesta dan Tata Surya kita. Usia alam semesta hingga sekarang ini diperkirakan sudah mencapai 14 miliar tahun, atau 5 miliar tahun setelah terbentuknya Tata Surya. Penelitian Astronomi modern di Indonesia mulai dilakukan pada tahun 1765 oleh Johan Mohr di observatorium pribadinya di Batavia.

planetarium dan observatorium jakarta

Foto-foto nebula, diantaranya Nebula Lagoon - M8 yang mempunyai bentangan hingga 100 tahun cahaya. Kemudian ada Nebula Carina, dan Nebula Trifid. Ada pula Awan Magellan yang merupakan dua Galaksi kerdil tak beraturan yang bisa diamati dengan mata telanjang.

planetarium dan observatorium jakarta

Foto tentang mosaik warna Pusat Galaksi Bima Sakti yang terlihat pada arah Rasi Sagitarius dan Scorpion. Terlihat pula foto Omega Centauri yang berisi 10 juta Bintang dan berjarak 17.000 tahun cahaya, dan ada Proyek GigaGalaxy Zoom yang dibuat untuk mengungkap keindahan langit malam secara menyeluruh.

planetarium dan observatorium jakarta

Penggambaran tentang cuaca ruang angkasa yang dipengaruhi oleh siklus aktivitas Matahari dan berlangsung kurang lebih 11 tahun. Ada Coronal Mass Ejection yang bisa menabrak medan magnet Bumi hingga mengakibatkan badai geomagnetik di kutub magnet Bumi yang berlangsung dari 1 hingga 5 hari. Angin Matahari bergerak sekitar 1 juta km per jam dan bisa berinteraksi dengan medan magnet Bumi.

planetarium dan observatorium jakarta

Foto dan informasi tentang dampak cuaca antariksa terhadap Bumi. Badai geomagnetik bisa mempengaruhi akurasi GPS karena adanya perubahan ionosfer, yang menyebabkan kesalahan lokasi hingga 30 meter.

planetarium dan observatorium jakarta

©2020 aroengBinang