Foto Planetarium 10

aroengbinang.com - Di bagian atas kiri adalah ilustrasi pemancaran radiasi oleh pulsar atau Lubang Hitam (Black Hole). Sedangkan yang di kanan adalah SN1987A yang diamati pada 23 Februari 1987 oleh Ian Shelton, astronom Canada yang bekerja di Obervatorium Las Campanas, Chile. Bawah kiri adalah foto Pulsar Kepiting yang diketahui pertama kali pada 9 November 1968, dan paling kanan adalah Nebula Kepiting yang ledakannya diamati oleh astronom China pada 4 Juli 1054.

planetarium dan observatorium jakarta

Di latar depan adalah sebuah alat peraga Astronomi yang bisa digunakan oleh pengunjung, dengan foto-foto menarik serta koleksi benda-benda yang digunakan dalam bidang Astronomi di papan display di latar belakang.

planetarium dan observatorium jakarta

Foto-foto yang dihasilkan oleh citra teleskop Hubble dan ESO (Observatorium La Silla-Chile). M42 atau NGC 1976 adalah nebula yang berlokasi di arah rasi bintang Orion (Lintang Waluku), yang berjarak 1500 tahun cahaya.

planetarium dan observatorium jakarta

Foto di atas adalah gugus galaksi yang berjarak 2,4 miliar tahun cahaya di arah rasi bintang Orion. Foto di bawah kiri adalah galaksi berbentuk elips yang berjarak sekitar 318 juta tahun cahaya di arah rasi bintang Eridanus. Bawah kanan adalah Galaksi klaster Abeli 520 yang berjarak 2,4 miliar tahun cahaya dari Bumi.

planetarium dan observatorium jakarta

Foto yang memperlihatkan interaksi antar galaksi, yaitu tabrakan antar galaksi yang dianggap sebagai sebuah fenomena yang lazim terjadi.

planetarium dan observatorium jakarta