Foto Petilasan Calon Arang 1

Pandangan yang memperlihatkan posisi batu andesit yang berada di situs Petilasan Calon Arang Kediri. Ketika saya bertanya bagaimana sampai orang percaya bahwa tempat itu merupakan Petilasan Calon Arang, jawab Pak Sunyono mengambang tidak tegas. Yang ia tahu persis adalah bahwa sejak ia kecil tempat itu sudah ada, dan dikenal penduduk sebagai makam atau petilasan mBah Enuk, seorang janda. Mungkin karena kata janda itu lalu petilasan ini dikaitkan dengan nama janda Calon Arang, yang bermukim di Desa Girah.

petilasan calon arang kediri

Pandangan dekat pada peninggalan berbentuk segi empat memanjang dengan lubang di kedua ujungnya yang meninggi itu. Pak Sunyono dengan melipat kaki duduk nglemprak di atas tanah. Ia tak bisa menjawab dengan jelas mengapa orang percaya bahwa tempat itu merupakan Petilasan Calon Arang. Yang ia tahu adalah sejak ia kecil tempat itu sudah ada, dan dikenal sebagai makam mBah Enuk, seorang janda.

petilasan calon arang kediri

Dua buah batu andesit datar yang diduga merupakan umpak dengan dedaunan dan bunga kanthil sesaji tertebar di atasnya. Sebuah anglo tembikar pembakaran dupa berada di depan batu altar Petilasan Calon Arang ini, di bagian kiri terdapat sebuah batu bundar dengan lubang bulat di tengahnya, dan di sebelah kanan terdapat batu meninggi.

petilasan calon arang kediri

©2020 aroengBinang