Foto Pelabuhan Sunda Kelapa

Tiga orang kuli angkut berjalan melintasi jembatan papan dengan beban sekarung barang di punggungnya untuk dinaikkan ke kapal Pinisi yang haluan kapalnya terlihat mencuat elok dipandang. Pelabuhan Sunda Kelapa Jakarta menjadi saksi kerasnya usaha untuk mencari nafkah di pelabuhan, dari jaman kuda gigit besi hingga kini.

pelabuhan sunda kelapa jakarta

Kesibukan bongkar muat barang tampak terlihat di sejumlah kapal di bawah langit pelabuhan yang panas terik dengan hanya sedikit pepohonan di sebelah kanan Jl Maritim Raya. Tempat kapal sandar adalah kanal selebar 50 meter, dengan lekukan 150 meter. Di masa kolonial, kanal ini dikenal sebagai Havenkanaal atau kanal pelabuhan.

pelabuhan sunda kelapa jakarta

Kapal ini memiliki derek untuk mengangkat sejumlah besar karung dalam waktu bersamaan dan memasukkannya ke dalam kapal, namun entah mengapa derek itu tidak digunakan dan lebih memilih menggunakan kuli angkut barang. Dua jembatan papan dibuat agar orang tidak perlu mengantri ketika keluar masuk kapal.

pelabuhan sunda kelapa jakarta

Seperti inilah yang mestinya lebih efisien untuk dilakukan. Jika kapal bisa mengeluarkan barang dengan cara ini, mestinya bisa memasukkan barang ke dalam kapal dengan cara yang sama pula. Setiap kapal pinisi berukuran besar tampaknya sudah dilengkapi dengan derek semacam ini. Tumpukan karung di latar depan itu ada di atas bak terbuka truk.

pelabuhan sunda kelapa jakarta

Satu orang kuli tampak bertindak sebagai penempat karung di pundak atau punggung kuli angkut lainnya yang membawa barang ke dalam kapal. Agar kepala agar tidak kotor, serta melindungi dari sengat matahari yang bisa membuat kepala pening, para kuli angkut itu menggunakan tutup kepala. Pada tutup kepala disampirkan juga kain yang menutupi punggung agar kaos atau baju tidak kotor ketika menggendong karung.

pelabuhan sunda kelapa jakarta

Tumpukan karung masih banyak yang harus diangkut ke dalam kapal, namun semakin banyak karung yang diangkat juga berarti semakin banyak uang yang akan masuk ke dalam kantung mereka. Bayaran berdasar kerja fisik sering jauh lebih murah ketimbang bayaran yang menggunakan kerja otak, rasa, dan jiwa, meski tidak selalu demikian. Ada spektrum yang sangat lebar.

pelabuhan sunda kelapa jakarta

Bagian haluan kapal KumalaNur yang tengah bongkar muat barang dengan sebuah truk, posisinya terjepit diantara kapal-kapal lainnya. Di ujung selatan kanal terdapat Bendungan Sunda Kelapa yang bersebelahan dengan TPI Pasar Ikan, dan sedikit lebih ke selatan terdapat Waduk Sunda Kelapa.

pelabuhan sunda kelapa jakarta

Kesibukan lain di ujung dermaga Pelabuhan Sunda Kelapa. Jalan di kompleks pelabuhan ini memutar. Kami masuk ke pelabuhan dari gerbang 1 dan keluar melalui gerbang 2. Sore hari, mendekati senja mungkin adalah waktu terbaik untuk datang ke Pelabuhan Sunda Kelapa.

pelabuhan sunda kelapa jakarta

©2020 aroengBinang