Foto Patung Sarapung Korengkeng 4

Seorang pengendara motor tampak tengah melintas di jalan di samping Patung Sorengkang Sarapung. Seringkali monumen dibuat untuk diabaikan, jika saja tidak dilakukan upacara peringatan dan pembacaan sejarah yang menginspirasi pembuatannya. Anak-anak sekolah perlu dibawa ke tempat ini dan diceritakan mengenai kisah kepahlawanan leluhur mereka.

patung sarapung korengkeng tondano minahasa sulawesi utara

ondano kini yang hijau subur, tenang dan damai, ternyata pernah mengalami episode perjuangan luar biasa dan heroik melawan penindasan kolonialisme Belanda yang akhirnya meluluhlantakkan Minawanua, pemukiman orang-orang Tondano saat itu yang dikelilingi benteng-benteng, 17 tahun sebelum meletusnya Perang Jawa yang dipimpin Pangeran Diponegoro.

patung sarapung korengkeng tondano minahasa sulawesi utara

Sebuah patung dibuat sebagai pengingat, yang meski diabaikan oleh banyak orang selama bertahun-tahun, namun suatu ketika pesan itu akan sampai juga pada seseorang yang kemudian mewartakannya untuk menyegarkan ingatan orang. Patung Sarapung Korengkeng mungkin menjadi semakin tua, namun peristiwa bersejarah yang melatarinya tak lekang oleh waktu.

patung sarapung korengkeng tondano minahasa sulawesi utara

Tondano kini yang hijau subur, tenang dan damai, adalah permukiman baru yang dibangun tak jauh dari lokasi Minawanua yang pernah menjadi saksi episode perjuangan luar biasa dan heroik yang dilakukan oleh para pejuang dan pahlawan Tondano dalam melawan penindasan kolonialisme Belanda, meski akhirnya harus meluluhlantakkannya. Bertahun kemudian, dengan bersatunya seluruh suku bangsa di Nusantara, lewat perjuangan yang memakan korban tak sedikit, penjajah akhirnya bisa terusir dari bumi Pertiwi. Begitu pun, masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk membuat negeri ini agar lebih makmur dan sejahtera.

patung sarapung korengkeng tondano minahasa sulawesi utara

©2020 aroengBinang