Foto Pantai Marunda

Seorang ayah muda tengah memomong kedua anaknya berenang-renang dengan menggunakan ban karet di samping dermaga Pantai Marunda yang sama dengan foto sebelumnya. Pantai ini memang merupakan sebuah pantai terbuka, tanpa dipungut bayaran untuk memasukinya, dan tampaknya karena itu warga kurang mampu harus menerima kondisi pantai yang masih menyedihkan ini.

pantai marunda jakarta utara

Beberapa orang dewasa terlihat tengah asik memancing dari atas dermaga bambu Pantai Marunda Jakarta Utara. Saat itu keadaan lingkungan di Pantai Marunda masih sangat panas, dan belum ada peneduh publik sama sekali. Tidak pula ada pepohonan rimbun yang bisa melindungi pengunjung dari sengat matahari pantai yang teramat kejam.

pantai marunda jakarta utara

Deretan dermaga bambu di Pantai Marunda dimana orang tengah asik memancing. Dengan minimnya fasilitas yang ada saat itu, memancing menjadi salah satu hiburan paling menonjol yang terlihat di sana.

pantai marunda jakarta utara

Deretan rumah bambu beratap seng terlihat kumuh, yang juga digunakan sebagai warung makan bagi pengunjung yang berminat, menawarkan sajian makanan ikan laut dan kerang. Semoga saja kebersihan warung-warung makan ini cukup terjaga.

pantai marunda jakarta utara

Seorang pria tampak menikmati kesendiriannya di sebuah dermaga bambu mengawasi tali pancingnya dengan harapan akan ada ikan yang menyambar umpan di kailnya. Orang begitu banyak, namun kadang memang tak mudah untuk menemukan teman sehati untuk bersama menghidupkan waktu.

pantai marunda jakarta utara

Beberapa perahu nelayan terlihat tengah sandar di dekat dermaga bambu sederhana. Pada hari libur, perahu itu dipakai untuk menghantar pengunjung menyusur pantai dengan membayar beberapa ribu rupiah per orang.

pantai marunda jakarta utara

Salah satu rumah panggung sederhana yang digunakan sebagai warung oleh penduduk, menawarkan sajian makanan ikan laut dan kerang, yang semoga saja kebersihannya cukup terjaga.

pantai marunda jakarta utara

Dari jembatan yang melintang di atas sungai terlihat puluhan perahu nelayan tengah sandar, di belakangnya terdapat sebuah perkampungan nelayan yang sangat sederhana.

pantai marunda jakarta utara

©2020 aroengBinang