Foto Museum Wayang 8

aroengbinang.com - Wayang Kulit Sasak berasal Suku Sasak di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Dahulu Wayang Sasak digunakan untuk berdakwah agama Islam di pulau Lombok, namun kini dipertunjukkan pada upacara adat. Koleksi wayang kulit Sasak ini dibuat tahun 1925. Cerita wayang Sasak mengisahkan Amir Hamzah (paman Nabi Muhammad SAW) namanya diganti sesuai dengan nama Jawa yaitu Wong Agung Menak Jayengrana.

museum wayang jakarta

Ini adalah peletakan koleksi Wayang Golek Canton Tiongkok pada saat sebelum sebelum dilakukannya renovasi meuseum yang terakhir. Posisi bonekanya sekarang terbagi dua pada posisi menyudut 90 derajat.

museum wayang jakarta

Wayang Kulit Sumatera ini dibuat oleh para petani Jawa yang dibawa ke Deli oleh Pemerintahan Kolonial Belanda. Wayang ini dibuat oleh dua orang yaitu Mbah Ngadi dan Mbah Suratman pada tahun 1932 dengan bahan dan peralatan yang sederhana.

museum wayang jakarta

Sebuah koleksi wayang purwa di Museum Wayang Jakarta yang diantaranya adalah Baladewa, Kresna dan Satyaki. Kresna merupakan satu-satunya sekutu Pandawa yang masih hidup setelah perang Bharatayuda, selain Satyaki.

museum wayang jakarta

Wayang Kulit Kidang Kencana dibuat pertama kali oleh Sultan Demak Trenggana. Wayang Kulit Kidang Kencana di Museum Wayang bergaya Surakarta dan dibuat pada 1981. Wayang ini sering dibawakan dalang wanita dan dalang anak-anak karena ukurannya kecil dan lebih ringan dari wayang kulit pada umumnya.

museum wayang jakarta