Foto Museum Tanjungpandan 2

Satu sudut Museum Tanjungpandan menyimpan koleksi berbagai jenis keramik tua dari Cina, seperti kendi, mangkok, dengan bermacam bentuk, ukuran dan ornamen yang ditemukan di berbagai tempat di Belitung.

museum tanjungpandan belitung

Ikan Arapaima (disebut juga pirarucu, atau paiche) yang merupakan sumbangan Gunawan, seorang warga Tanjungpandan. Ikan ini hidup diperairan Sungai Amazone. Panjangnya bisa mencapai 2 meter, bahkan kadang 2,5 m, dengan berat mencapai 100 kg, dan merupakan salah satu jenis ikan air tawar terbesar di dunia. Ikan jenis ini juga ditemui di Malaysia dan Thailand, dan diperkirakan juga masih hidup diperairan Sungai Lenggang, Belitung Timur, yang disebut sebagai Ikan Ampong atau Ikan Buaya oleh penduduk daerah Gantung. Uniknya, ikan ini sangat bergantung pada udara di atas permukaan air, sehingga harus sering muncul ke permukaan, dan karenanya mudah diburu.

museum tanjungpandan belitung

Koleksi penyu raksasa di Museum Tanjungpandan Belitung yang banyak ditemukan di perairan laut Pulau Belitung. Pada kondisi lingkungan yang baik, seekor penyu bisa mencapai usia hingga ratusan tahun.

museum tanjungpandan belitung

©2020 aroengBinang