Foto Museum Sumpah Pemuda 7

aroengbinang.com - Dokumentasi foto rapat raksasa di Lapangan Ikada (Ikatan Atletik Djakarta, atau Lapangan Gambir), saat Soekarno memberikan pidato pada 19 September, 1945. Rapat dihadiri lebih dari 100.000 orang itu berakhir dengan damai setelah mendengarkan pidato singkat Bung Karno. Teks pidato Bung Karno ada di Museum Joang 45.

museum sumpah pemuda jakarta

Koleksi Vespa milik Hata Saleh yang digunakan Kesatuan Aksi Mahasiswa Indonesia (KAMI) untuk menghubungi posko-posko Mahasiswa di Jakarta pada tahun 1966. Di ruangan terpisah ini terdapat dokumentasi foto saat pergolakan tahun 66, serta foto rangkaian peristiwa kerusuhan Mei 1998 hingga saat Presiden Suharto menyatakan berhenti sebagai Presiden RI.

museum sumpah pemuda jakarta

Sebagian dari lambang organisasi kepemudaan yang ikut dalam Kongres Pemuda Indonesia II, yaitu Jong Java, Jong Soematranen Bond, Jong Ambon, Jong Celebes, Jong Bataks Bond, Sekar Roekoen, Pemoeda Kaoem Betawi, Pemoeda Indonesia, Jong Islamieten Bond, dan Perhimpunan Peladjar-Peladjar Indonesia.

museum sumpah pemuda jakarta

Biola asli yang dimainkan oleh WR Supratman untuk membawakan lagu Indonesia Raya pada malam penutupan Kongres Pemuda Indonesia II. Ketika WR Supratman wafat pada 17 Agustus 1938, biola itu dirawat oleh Ny. Roekijem Supratijah. Pada 1974 ketika Museum Sumpah Pemuda diresmikan, Ny. Roekijem sebagai wakil keluarga WR Supratman, melalui Kusbini menyerahkan biola ini untuk menjadi koleksi museum.

museum sumpah pemuda jakarta

Poster berisi teks kisah WR Soepratman dengan biolanya. Riwayat singkatnya ditulis dalam poster ini, juga perannya dalam kongres Pemuda Kedua, dimana pada malam penutupan ia menggesek biolanya membawakan lagu Indonesia Raya.

museum sumpah pemuda jakarta

Meja bundar dengan meja marmer dan kursi beralas penjalin tampak di salah satu pojok ruang Museum Sumpah Pemuda. Penjelasan tentang foto yang dipasang di sana sangat membantu pengunjung dalam mempelajari sejarah seputar peristiwa bersejarah ini.

museum sumpah pemuda jakarta

Pandangan dekat pada Monumen Persatuan Pemuda 1928. Teks sumpah pemuda ada di bagian depan, dan bagian samping adalah daftar perkumpulan pemuda yang ikut membuat sejarah dalam mengumandangkan sumpah persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia ini.

museum sumpah pemuda jakarta

Patung para tokoh yang berperan dalam Kongres Pemuda II saya lihat ada di teras belakang museum, diantaranya adalah J Leimena, Mr. Sartono dan Prof. Mr. Soenarjo.

museum sumpah pemuda jakarta