Foto Museum Sumpah Pemuda 5

aroengbinang.com - Poster tentang riwayat Permufakatan Perhimpunan-Perhimpunan Politiek Kebangsaan Indonesia (PPPKI) yang berdiri pada 17 Desember 1927 atas inisiatif Sukarno dari PNI dan disambut baik oleh Partai Sarekat Islam. PPPKI beranggotakan PNI, PSI, Boedi Oetomo, Pasoendan, Serikat Sumatera, Kaoem Betawi, dan Indonesische Studieclub.

museum sumpah pemuda jakarta

Patung beberapa peserta Kongres Pemuda Indonesia di ruangan tengah Museum Sumpah Pemuda, dengan sebuah poster berisi rincian Putusan Kongres Pemuda-Pemuda Indonesia menempel pada dinding di sebelah kanan.

museum sumpah pemuda jakarta

Patung seukuran manusia yang memperlihatkan Wage Rudolf Soepratman tengah memainkan biola membawakan lagu Indonesia Raya pada Kongres Pemuda II. Partitur serta kata-katanya dicetak dalam ukuran besar dan ditempelkan pada dinding di sebelah kirinya. WR Soepratman lahir di Purworejo, Jawa Tengah, pada 19 Maret 1903, dan wafat di Surabaya pada 19 Agustus 1938.

museum sumpah pemuda jakarta

Syair lagu Indonesia Raya II yang tak populer lantaran tak pernah dinyanyikan di sekolah atau pun pada upacara kenegaraan dan acara-acara resmi. Makam WR Supratman ada di Surabaya dan sudah pernah saya kunjungi.

museum sumpah pemuda jakarta

Syair lagu Indonesia Raya III yang juga tak dikenal karena tak pernah dinyanyikan selama belajar di sekolah atau pun pada upacara kenegaraan dan acara-acara resmi lainnya.

museum sumpah pemuda jakarta