Foto Museum Sumpah Pemuda 2

Panitia Kongres Pemuda Indonesia II diketuai oleh Soegondo Djojopoespito yang mewakili Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia, Djoko Marsaid sebagai Wakil Ketua (wakil Jong Sumatra Bond), Amir Sjarifuddin sebagai Bendahara (wakil Jong Batak), dan sebagai Pembantu adalah Djohan Mohammad Tjai (wakil Jong Islamieten Bond), Katjasoengkana (wakil Pemuda Indonesia), RCL Senduk (wakil Jong Celebes), Johannes Leimena (wakil Jong Ambon), dan Mohammad Rochjani Su’ud (wakil Pemuda Kaum Betawi).

museum sumpah pemuda jakarta

Patung dada Soegondo Djojopoespito dan patung Muhammad Jamin. Soegondo adalah ketua Kongres Pemuda Indonesia II yang melahirkan Sumpah Pemuda serta orang yang mempersilahkan WR Supratman memainkan lagu Indonesia Raya dengan biolanya. Ia adalah anggota Jong Java, PPPI, mengajar di Perguruan Rakyat dan Taman Siswa. Soegondo lahir di Tuban 22 Februari 1905 dan wafat di Jogja pada 23 April 1978.

museum sumpah pemuda jakarta

Peninggalan benda bersejarah Kepanduan Bangsa Indonesia (KBI) berupa dasi warna hijau, dasi merah putih dengan tulisan tangan 8 April 1939 Sabtu Pon di Semarang dan tanda tangan anggota, pisau belati, celana pandu, dan kotak PPPK. Ada pula tanda tingkatan KBI, tanda pengenal kepanduan Muhammadiyah, pisau lipat, peluit, dan sabuk Hizbul Wathan.

museum sumpah pemuda jakarta

Poster riwayat Pemoeda Kaoem Betawi yang berdiri pada awal 1927 dengan harapan dapat memajukan para pemuda Betawi. Ketua Pemoeda Kaoem Betawi yang pertama adalah Mohamad Tabrani, namun yang diutus sebagai wakil Pemoeda Kaoem Betawi dalam Kongres Pemuda Kedua adalah Mohammad Rochjani Soe'oed, ketua organisasi pada 1928.

museum sumpah pemuda jakarta

Poster yang menceritakan sejarah Perhimpunan Indonesia di Belanda yang semula bernama Indische Vereeniging (Perhimpunan Hindia). Perubahan nama menjad Perhimpunan Indonesia terjadi pada 8 Februari 1925, pada masa kepengurusan Sukiman Wiriosandjojo. Nama majalah yang semula Hindia Poetra berubah menjadi Indonesia Merdeka.

museum sumpah pemuda jakarta

©2020 aroengBinang