Foto Museum Seni Rupa 6

aroengbinang.com - Ruangan kedua dengan layar LCD yang memutar film tentang sejarah seni lukis di sisi kiri, dan sejarah keramik di sisi kanan. Poster berukuran besar dalam dua bahasa juga dibuat di kedua dinding yang berdekatan. Hanya saja sejarah seni lukis yang dibuat di museum ini sama sekali tidak menyinggung seni lukis pribumi sebelum masuknya seni lukis modern seiring dengan kedatangan Belanda yang kemudian menjajah negeri ini. Sedangkan keramik sudah dikenal di Indonesia sejak jaman Neolithikum (2500 SM - 1000 SM). Teknologi keramik mulai berkembang dengan berdirinya Laboratorium Keramik di Bandung pada 1922.

museum seni rupa dan keramik jakarta

Di ruangan ini dipamerkan alat lukis seperti kuas dengan ukuran dan bulu kuas berbeda, yang digunakan sesuai keperluan dan gaya pelukis yang memakainya. Dipamerkan pula cat yang biasa digunakan untuk melukis, terutama cat minyak dan cat akrilik. Selain itu ada pula pengencer cat, palet, pisau palet, standing (easel) dan alat bantu peralatan melukis lainnya.

museum seni rupa dan keramik jakarta

Kendi tanah liat dengan bentuk bagian atas unik yang merupakan peninggalan seni keramik dari jaman Majapahit.

museum seni rupa dan keramik jakarta

Patung Perujudan Dewi dengan tinggi 38 cm dan diameter 20 cm, terakota terbuat dari tanah liat dari jaman Majapahit.

museum seni rupa dan keramik jakarta

Dua buah kendi tanah liat dari jaman Majapahit dengan bentuk yang hampir sama, hanya saja kendi yang di sebelah kanan moncongnya sudah patah.

museum seni rupa dan keramik jakarta