Foto Museum Sejarah 7

aroengbinang.com - Diorama lainnya yang elok adalah penggambaran Armada Perang Kerajaan Majapahit pada abad ke-14. Majapahit memperkuat armada perangnya untuk menjaga keutuhan wilayah Nisantara serta untuk mengatasi gangguan keamanan diantaranya oleh armada Tiongkok. Setelah Majapahit, tidak ada lagi kerajaan di Jawa yang memiliki armada laut yang kuat.

museum sejarah nasional indonesia

Sebagai negara kepulauan mestinya Indonesia menjadi negara maritim yang kuat, sebagaimana dahulu Sriwijaya dan Majapahit. Kekuatan maritim yang kuat bukan saja menjadi pertahanan buat keutuhan negara kesatuan RI namun juga untuk menjaga kekayaan alam yang ada di laut.

museum sejarah nasional indonesia

Penggambaran peristiwa Sumpah Palapa yang dikeluarkan oleh Mapatih Gajah Mada dari Kerajaan Majapahit pada 1331. Gajah Mada bersumpah untuk tidak makan Palapa (nasi dan lauknya) sebelum Nusantara disatukan dibawah Majapahit. Sumpah itu mendahului idealisme persatuan Indonesia, yang diperjuangkan oleh para perintis kemerdekaan sejak 1908.

museum sejarah nasional indonesia

Ada pula diorama menggambarkan Candi Jawi, dibangun pada 1292 pada jaman Kartanegara, yang merupakan gabungan Candi Siwa dan Buddha. Kartanegara adalah raja terakhir Kerajaan Singasari, sebuah kerajaan Hindu dekat Pandakan, Jawa Timur. Di bagian atas candi ini terdapat patung Buddha Aksobhya, sedangkan di bagian bawahnya terdapat Arca Siwa Mahadewa.

museum sejarah nasional indonesia

Diorama lainnya menggambarkan pembangunan Bendungan Waringin Sapta yang dibuat pada abad ke-11 oleh Raja Airlangga. Bendungan itu dimaksudkan untuk mengendalikan aliran Kali Brantas yang kerap meluap dan menimbulkan banjir, dan untuk membuat saluran irigasi bagi para petani.

museum sejarah nasional indonesia