Foto Museum Sejarah 2

aroengbinang.com - Diorama Museum Sejarah Nasional Indonesia tentang proklamasi kemerdekaan. Didahului Peristiwa Rengasdengklok, pada 16 Agustus 1945 malam hingga dinihari 17 Agustus 1945 berlangsung rapat di Jl Imam Bojol 1, Jakarta, untuk merumuskan naskah proklamasi. Gedung tempat berlangsungnya rapat itu kini menjadi Museum Perumusan Naskah Proklamasi.

museum sejarah nasional indonesia

Diorama lahirnya ABRI pada 5 Oktober 1945, berlatar Candi Borobudur. Pada 22 Agustus 1945 Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia menetapkan Barisan Keamanan Rakyat untuk memelihara keamanan dan ketertiban umum di wilayahnya masing-masing. Pada 5 Oktober 1945 keluar dekrit pemerintah tentang pembentukan Tentara Keamanan Rakyat.

museum sejarah nasional indonesia

Diorama penggambaran peristiwa pertempuran heroik di Surabaya, yang kemudian diperingati sebagai Hari Pahlawan. Kisah menggetarkan itu bisa dibaca di catatan perjalanan tentang Monumen Suryo. Mallaby, Jenderal Inggris yang kematiannya menjadi pemicu serangan Sekutu ke Surabaya, dikubur di Makam Perang Jakarta.

museum sejarah nasional indonesia

Diorama kegiatan Gereja Katolik Roma dalam proses penyatuan bangsa. Perhimpunan Politik Katolik Indonesia ikut menandatangani petisi Soetardjo 1936 yang menuntut pemerintah kolonial untuk memerdekakan bangsa Indonesia.

museum sejarah nasional indonesia

Sumpah Pemuda, 28 Oktober 1928, yang dicetuskan pada Kongres Pemuda kedua di Jakarta, di tempat yang kini menjadi Museum Sumpah Pemuda. Lagu Indonesia Raya dikumandangkan pertama kali dalam peristiwa yang sangat bersejarah ini.

museum sejarah nasional indonesia