Foto Museum Sejarah 10

aroengbinang.com - Penggambaran suasana Konferensi Asia – Afrika di Bandung yang berlangsung pada tanggal 18 – 24 April 1955. Pembahasan mencakup usaha penyelamatan dunia dari perang nuklir, dan pembentukan dunia baru yang aman, damai, bebas dari kolonialisme.

museum sejarah nasional indonesia

Indonesia menjadi anggota PBB pada 28 September 1950.

museum sejarah nasional indonesia

Diorama yang menggambarkan kembalinya Negara Kesatuan Republik Indonesia pada 1950. Republik Indonesia Serikat yang diterima sebagai sebuah hasil kompromi berlawanan dengan semangat Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945. Rakyat dari seluruh daerah menolak konsep federasi dan menuntut kembalinya negara kesatuan. Oleh karenanya, anggota RIS secara spontan mendeklarasikan penyatuan kembali Republik Indonesia.

museum sejarah nasional indonesia

Dioarama yang menggambarkan suasana upacara Pengakuan Kedaulatan di Jakarta yang dipimpin Sri Sultan Hamengku Buwono IX dengan pengibaran Sang Saka Merah Putih. Perjuangan militer dan diplomasi melawan militer Belanda, yang berujung pada tekanan Dewan Keamanan PBB, memaksa Belanda ke meja perundingan.

museum sejarah nasional indonesia

Pada 7 Juli 1949 tercapai kesepakatan untuk mempersiapkan Konferensi Meja Bundar untuk membicarakan pengakuan kedaulatan Indonesia. Pada KMB yang berlangsung di Den Haag pada 27 Desember 1949 itulah pemerintah Belanda akhirnya bersedia mengakui kedaulatan Indonesia melalui pembentukan Republik Indonesia Serikat.

museum sejarah nasional indonesia