Foto Museum Satriamandala 6

aroengbinang.com - Koleksi menarik lainnya adalah kendaraan tempur dengan persenjataan berat laras panjang beroda ganda, dengan ban karet besar di bagian depan dan belakang, serta dua roda besi ditengahnya. Tentu ada alasan menggunakan roda semacam itu. Mungkin roda tengah adalah untuk penstabil saat meriam ditembakkan, dan ketiak berjalan, keempat roda besi itu akan naik ke atas.

museum satriamandala jakarta

Sejenis landing ship tank tanpa moncong meriam juga ada di Museum Satria Mandala. Mudah-mudahan PINDAD kini telah mampu membuat kendaraan militer sejenis ini. Persenjataan seperti senapan mesin mungkin dipasang di bagian atasnya.

museum satriamandala jakarta

Kendaraan amfibi pengangkut personel yang disimpan di ruang pamer terbuka di Museum Satria Mandala Jakarta. Dinding besi kendaraan ini tampaknya tak terlalu tebal di bagian depan, dan sudah ada sejumlah bagian yang berkarat.

museum satriamandala jakarta

Cungkup bangunan yang menyimpan koleksi kendaraan militer dan kendaraan tempur di Museum Satria Mandala. Karena tak berdinding maka tempias air hujan bisa masuk ke dalam cungkup ini, dan membuat kotor karena percikan tanah.

museum satriamandala jakarta

Di belakang gedung utama Museum Satria Mandala terdapat gedung lain yang menyimpan patung-patung pahlawan dan mantan petinggi TNI, termasuk patung Jenderal Sudirman yang terbuat dari perunggu.

museum satriamandala jakarta