Foto Museum Satriamandala 20

Foto-foto dokumentasi misi pasukan perdamaian Kontingen Garuda di berbagai wilayah konflik di dunia di pajang di ruangan ini, dengan sebuah patung Garuda Pancasila dan peta sebaran pasukan perdamaian Indonesia di bawahnya.

museum satriamandala jakarta

Sejumlah dokumentasi foto Konga II UNOC - Kongo. Sebelah kiri atas Fatmawati Soekarno mengalungkan bunga kepada Danyon Konga II Letkol Inf Solihin GP pada saat upacara pemberangkatan Konga II ke Kongo. Kiri bawah anggota pasukan Konga II naik kapal USS Bexar yang disediakan PBB untuk bertolak ke Kongo dari Pelabuhan Tanjung Priok pada tanggal 10 September 1960.

museum satriamandala jakarta

Lambang Negara Garuda Pancasila, dengan lambang kelima sila dan tulisan Bhinneka Tunggal Ika, frasa yang diambil dari Kakawin Sutasoma yang disusun oleh Mpu Tantular, cucu dari Mpu Bharada.

museum satriamandala jakarta

Diorama perebutan Pangkalan Udara Bugis Malang (sekarang Pangkalan Udara Utama Abdulrachman Saleh) yang terjadi pada tanggal 18 September 1945, yang dilakukan oleh BKR bersama-sama dengan rakyat. Mereka berhasil merampas sejumlah pesawat terbang yang kemudian menjadi modal utama bagi pembentukan kekuatan udara Republik Indonesia.

museum satriamandala jakarta

Diorama penurunan bendera Belanda dari puncak Hotel Yamato (kini Hotel Majapahit). Peristiwa ini dipicu dengan dikibarkannya bendera Belanda (merah putih biru) pada 19 September 1945 oleh orang-orang Belanda bekas tawanan Jepang yang berada di hotel Yamato.

Para pemuda yang marah akhirnya menyerbu hotel sehingga terjadi perkelahian seru dan dua orang pemuda berhasil naik ke atap merobek warna biru pada bendera dan menjadikannya bendera Merah Putih.

museum satriamandala jakarta

©2020 aroengBinang