Foto Museum Satriamandala 14

aroengbinang.com - Poster lintasan sejarah perkembangan dan perjuangan TNI pada masa parlementer, yaitu periode tahun 1949-1959, sejak pengakuan kedaulatan RI yang berbentuk Republik Indonesia Serikat hingga kembalinya RI ke bentuk negara kesatuan. Mengikuti bentuk negara, TNI berubah menjadi Angkatan Perang Republik Indonesia Serikat (APRIS) pada tahun 1949, lalu pada 17 Agustus 1950 RIS menjadi Negara Republik Indonesia dan APRIS menjadi APRI (Angkatan Perang Republik Indonesia).

museum satriamandala jakarta

Diorama yang memperlihatkan penyerbuan gedung Kempetai di Surabaya oleh Keisatsutai (Pasukan Polisi) bersama rakyat Surabaya yang menggambarkan semangat Angkatan Muda Polisi pada waktu itu.

museum satriamandala jakarta

Sudut pandang lain pada diorama penyerbuan Pasukan Polisi ke markas Kempetai di Surabaya. Di awal kemerdekaan, Keisatsutai (Pasukan Polisi) dan Tokubetsu Keisatsutai (Pasukan Istimewa) bentukan tentara Jepang merupakan dua kesatua yang tidak dilucuti senjatanya oleh Jepang. Mereka, dipelopori angkatan mudanya, menyatakan berdiri di belakang Pemerintah RI. Bersama BKR dan rakyat mereka merebut senjata dan obyek-obyek vital dari tentara Jepang.

museum satriamandala jakarta

Poster lintasan sejarah perkembangan dan perjuangan TNI pada masa Orde Lama, tahun 1959 hingga tahun 1966. Pada masa ini, Angkatan Darat, Angkatan Laut, Angkatan Udara dan Kepolisian Republik Indonesia diintegrasikan ke dalam satu wadah, yaitu Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI). Para panglima masing-masing angkatan mendapat jabatan dengan pangkat menteri.

museum satriamandala jakarta

Diorama yang menggambarkan pembentukan Tentara Keamanan Rakyat pada 5 Oktober 1945, oleh karena Pemerintah RI merasakan sangat diperlukannya satu Tentara Nasional sebagai aparat kekuasaan karena pasukan-pasukan sekutu telah banyak merongrong kedaulatan RI.

museum satriamandala jakarta