Foto Museum Satriamandala 13

aroengbinang.com - Diapit oleh Lambang Negara Garuda Pancasila dan foto para presiden adalah Teks Proklamasi yang ditulis dengan ejaan lama dan tahun Jepang. Di sebelah kiri bawah adalah teks proklamasi dalam tulisan tangan aslinya.

museum satriamandala jakarta

Poster yang berisi foto dan tulisan yang memuat kisah lintasan sejarah perkembangan dan perjuangan TNI, pada masa revolusi dari tahun 1945 saat proklamasi hingga tahun 1949 saat pengakuan kedaulatan RI.

Pada 5 Oktober 1945 BKR berubah menjadi TKR (Tentara Keamanan Rakyat), dan pada 7 Januari 1946 berubah lagi menjadi Tentara Keselamatan Rakyat, lalu pada 25 Januari 1946 berubah menjadi Tentara Republik Indonesia (TRI), dan akhirnya pada 3 Juni 1947 berubah menjadi Tentara Nasional Indonesia (TNI).

museum satriamandala jakarta

Sebuah diorama yang menggambarkan Kongres Pemuda yang dihadiri oleh 23 Badan Badan Perjuangan dari seluruh Indonesia pada tanggal 10-11 November 1945 di Balai Mataram Yogyakarta. Adegan ini menggambarkan ketika delegasi Surabaya berpamitan untuk kembali ke medan juang.

museum satriamandala jakarta

Sudut pandang lain pada suasana di depan Balai Mataram saat Konggres Pemuda Seluruh Indonesia, sebagai buntut ketidakpuasan terhadap keputusan pemerintah yang waktu itu tidak membentuk tentara nasional, sehingga para pemuda itu membentuk badan-badang perjuangan di luar BKR.

museum satriamandala jakarta

Pandangan utuh pada diorama Konggres Pemuda Seluruh Indonesia di Balai Mataram, Yogyakarta. Pada dinding gedung terdapat coretan berbunyi "Hancoerkan Moesoeh. Hidoep Indonesia !". Sementara menggantung di atas jalan di ujung kanan terdapat spanduk memanjang dengan tulisan yang berbunyi "Indonesai Merdeka! 100%".

museum satriamandala jakarta