Foto Museum POLRI 3

aroengbinang.com - Sepeda kumbang bersejarah yang digunakan Soekitman. Pada 30 September 1965 malam, Soekitman yang sedang berpatroli mendengar suara tembakan. Ia pun bergegas mengayuh sepedanya mendekati sumber suara di rumah Jenderal DI Panjaitan. Namun ia ditangkap dan dibawa ke Lubang Buaya, dan adalah Soekitman yang menjadi saksi pembunuhan pemimpin TNI di sana. Soekitman mendapatkan kenaikan pangkat dari AKP (Ajun Komisaris Polisi) menjadi AKBP (Ajun Komisaris Besar Polisi). Ia wafat pada 30 September 2007 dalam usia 64 tahun.

museum polri jakarta

Diantara kutipan kata pada Hall of Fame adalah "Polisi jangan menjadi momok masyarakat" dari Jenderal Polisi Drs. Hoegeng Iman Santoso, "Senyummu adalah suksesku" dari Jenderal Polisi Drs. Kunarto MBA, "Tujuan kami adalah meningkatkan pelayanan kepada masyarakat" dari Jenderal Polisi Drs. Dibyo Widodo, dan beberapa kata kutipan lainnya lagi.

museum polri jakarta

Deretan foto para Kepala Kepolisian RI, lengkap dengan medali, bintang jasa, dan tongkat komando. Beberapa kata kutipan adalah "Polri harus merupakan wadah yang benar-benar dapat memberikan perlindungan kepada masyarakat serta mampu menjadikan dirinya sebagai tempat mengadu" dari Jenderal Polisi Drs. Mohamad Hasan. Ada pula kutipan kata Jenderal Polisi Drs. Widodo Budidarmo "Percayalah bahwa Polri mempunyai dedikasi dan sifat jujur".

museum polri jakarta

Alasan kenapa Polri memiliki senjata berat adalah pada jaman Presiden Soekarno dan Presiden Soeharto, Polri dilibatkan dalam operasi militer dan pertempuran, karena menjadi bagian dari TNI. Baru setelah reformasi, Polri terpisah dari militer, namun masih memiliki kesatuan elit Brimob dan Densus 88 yang kuat.

museum polri jakarta

Sejumlah pedang dan samurai dipajang diantara dua patung perunggu polisi dengan seragam dari jaman dahulu. Seragam polisi kini dibuat lebih ramah, sesuai dengan fungsi utamanya sebagai pengayom dan pelindung masyarakat.

museum polri jakarta

Koleksi Museum POLRI yang menarik ini adalah sebuah sepeda motor dengan merk Harley Davidson WLA C Class. Sepeda motor dengan tenaga besar ini pernah digunakan oleh Polri untuk patroli pada sekitar tahun 1943.

museum polri jakarta

Prasasti dengan lambang Garuda Pancasila, menandai peresmian Monumen Bapak Kepolisian Negara Republik Indonesia R.S. Soekanto Tjokrodiatmodjo pada 14 Februari 2001 oleh Presiden RI KH Abdurrahman Wahid, yang bertujuan sebagai pendorong semangat dalam melanjutkan pembangunan POLRI yang profesional dan dicintai rakyat. Soekanto dilantik menjadi Kapolri yang pertama pada 29 September 1945, dan menjabat hingga 14 Desember 1959.

museum polri jakarta

Halaman depan museum dengan sebuah mobil truk polisi bernomor 4383-04 dengan garis khas merah kuning yang dipajang di atas beton bundar di dekat gerbang masuk, dan patung Kapolri yang pertama Soekanto Tjokrodiatmodjo.

museum polri jakarta